Peningkatan pemahaman siswa pada tema 1Subtema manusia dan lingkungan melalui metode talking stick kelas V-B MI Wachid Hasjim Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusnah, Miftakhul (2019) Peningkatan pemahaman siswa pada tema 1Subtema manusia dan lingkungan melalui metode talking stick kelas V-B MI Wachid Hasjim Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Khusnah_D07215025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kalas VB pada Tema 1 Subtema Manusia dan lingkungan materi tentang organ gerak manusia. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran pada tema ini guru menggunakan metode yang kurang variatif, biasanya guru hanya mengunakan metode ceramah sehingga tingkat pemahaman siswa masih rendah pada materi tersebut. Jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM 75 pada materi tematik tersebut hanya sebesar 25% siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan. Metode alternatif yang dipilih untuk mengatasi permasalahan ini yakni menggunakan metode talking stick sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VB pada pembelajaran tematik tema satu subtema manusia dan lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) mengetahui penerapan metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Tema 1 Subtema Manusia dan lingkungan kelas VB MI Wachid Hasjim Sidoarjo. 2) mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada Tema 1 Subtema manusia dan lingkungan setelah diterapkannya metode talking stick pada kelas VB MI Wachid Hasjim Sidoarjo. Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VB di MI Wachid Hasjim Sidoarjo, yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK) degan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode talking stick dapat dilaksanakan dengan baik yang dibuktikan dari hasil obeservasi aktivitas guru meningkat dari nilai 79,3 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 91,4 (baik sekali) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa mendapatakan nilai akhir 78,8 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 94 (baik sekali) pada siklus II. 2) peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkannya metode talking stick meningkat dari 25% siswa yang tuntas saat prasiklus, pada siklus I meningkat menjadi 57,5% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 80 % (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusnah, Miftakhulmifta.khusnah66@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; pembelajaran tematik; metode talking stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khusnah Miftakhul
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:10
Last Modified: 15 Feb 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item