Penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri pondok pesantren As-Shomadiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamid, Makky Al (2019) Penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri pondok pesantren As-Shomadiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Makky Al Hamid_B06212017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai fenomena penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri. Pondok Pesantren As-Shomadiyah adalah satu-satunya Pondok Pesantren yang memiliki kebijakan memperbolehkan santrinya menggunakan media sosial, khususnya Facebook. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana alas an, tujuan dan manfaat penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri Pondok Pesantren As-Shomadiyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan budaya, jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunkan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori use and gratification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri Pondok Pesantren As-Shomadiyah kebijakan dari Pondok Pesantren yang memperbolehkan santrinya menggunakan media sosial khususnya Facebook di waktu tertentu, tujuan penggunaan media sosial Facaebook di kalangan santri Pondok Pesantren As-Shomadiyah untuk mengikuti perkembangan modernisasi dan globalisasi, sedangkan manfaat dari penggunaan media sosial Facebook di kalangan santri Pondok Pesantren As-Shomadiyah sebagai sarana media dakwah. Saran bagi Pondok Pesantren lainnya, memberikan kebijakan tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana dakwah untuk mengaplikasikan keilmuan para santri yang didapat di dalam Pondok Pesantren secara langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamid, Makky Almacky.dorks@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Budaya
Santri
Keywords: Media Sosial; Facebook; Santri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Al Hamid Makky
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:51
Last Modified: 13 Feb 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item