Artikulasi identitas ibu-ibu komunitas Nutrition Club Surabaya di aplikasi TikTok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia, Nur Fiqhy Yurike Helda (2019) Artikulasi identitas ibu-ibu komunitas Nutrition Club Surabaya di aplikasi TikTok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fiqhy Yurike Helda Kurnia_B76215063.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana identitas ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Nutrition Club Surabaya diartikulasikan di aplikasi TikTok. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai artikulasi identitas yang dilakukan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Nutrition Club Surabaya di Aplikasi TikTok, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan teori identitas sosial (social identity). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa artikulasi identitas ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Nutrition Club Surabaya di aplikasi TikTok, yaitu sebagai pengekspresian jiwa sosialitanya sebagai social climber. Hal ini berdasarkan temuan peneliti yang berupa 7 ciri-ciri y. Adapun ciri-ciri yang dimaksud, sebagai berikut: selalu tampil cantik, terlihat fashionable, mengikuti trend, selalu ingin tahu ‘kepo’, menjadi centil, menggunakan gaya bahasa ‘gaul’, perubahan gesture tubuh. Beberapa saran yang diharapkan dapat dijadikan masukan dan bahan pertimbangan adalah (1) Adanya pendampingan atau literasi media bagi khalayak media terutama ibu-ibu dalam menggunakan media sosial untuk kepentingan prduktif, (2) Disarankan bagi ibu-ibu yang lain untuk tidak mengikuti membuat video TikTok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia, Nur Fiqhy Yurike Heldanfirilna46@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Organisasi Masyarakat
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Artikulasi Identitas; Aplikasi TikTok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kurnia Nur Fiqhy Yurike Helda
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:55
Last Modified: 13 Feb 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29857

Actions (login required)

View Item View Item