Peningkatan Kemampuan Menghafal al-Quran dengan Menggunakan Metode Tikrari Materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat di Kelas IV-A MI Al-Huda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhro, Lailatuz (2019) Peningkatan Kemampuan Menghafal al-Quran dengan Menggunakan Metode Tikrari Materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat di Kelas IV-A MI Al-Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatuz Zuhro_D97215061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan realita di lapangan, bahwa pelaksanaan pembelajaran al-Quran Hadits di kelas IV-A MI Al Huda Sidoarjo masih kurang maksimal dan peserta didik memiliki kekampuan yang masih rendah dalam menghafal, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 41 siswa hanya 20 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat dengan persentase 48,78%. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat al-Adiyat, peneliti mengambil tindakan melalui metode Tikrari yang dilakukan dalam dua siklus.Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan metode Tikrari dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Quran materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat Mata Pelajaran al-Quran Hadits di kelas IV-A MI Al Huda, Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal al-Quran materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat Mata Pelajaran al-Quran Hadits di kelas IV-A MI Al Huda, Sidoarjo melalui metode Tikrari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu : 1. Perencanaan (Planning), 2. Tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A MI Al Huda, Sidoarjo dengan jumlah 41 siswa, terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian non tes (Unjuk Kerja & Performence), observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Metode Tikrari pada mata pelajaran Al-Quran hadits materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat di kelas IV-A MI Al Huda, Sidoarjo dapat diterapkan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan skor pada aktivitas guru yaitu 83,75 pada siklus I dan 97,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu 79,08 pada siklus I, dan 98,75 pada siklus II. 2) Kemampuan menghafal surat Al-Adiyat kelas IV-A di MI Al Huda, Sidoarjo setelah menggunakan metode Tikrari pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase kemampuan siswa dalam materi Mari Menghafal Surah Al-Adiyat dalam kategori tinggi yaitu dari pra siklus 48,78% dengan nilai rata-rata 68,26. Kemudian siklus I persentase hanya mencapai 70,73% dengan nilai rata-rata 79,08 , lalu meningkat pada siklus II mencapai 92,68% dengan nilai rata-rata 90,65. Sehingga terjadi peningkatan persentase kemampuan menghafal dalam kategori tinggi dari pra siklus ke siklus II sebesar 43,9 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhro, Lailatuzlailatuzzuhro.2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal; metode Tikrari; surat Al-‘Adiyat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhro Lailatuz
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:14
Last Modified: 12 Feb 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29855

Actions (login required)

View Item View Item