Peningkatan keterampilan Lokomotor melalui metode permainan tradisional Kasti mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afwanulloh, Muchlis (2019) Peningkatan keterampilan Lokomotor melalui metode permainan tradisional Kasti mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchlis Afwanulloh_D97215066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan adalah pembelajaran masih berpusat pada guru dan disamping itu juga pembelajaran PJOK Terkesan terlalu konvensional oleh karena itu peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang maksimal dan pemahaman keterampilan peserta didik masih kurang. Berdasarkan data awal nilai yang diperoleh peneliti hanya ada 7 peserta didik yang berhasil mencapai nilai KKM dari 16 siswa laki-laki dan untuk siswa perempuan hanya 6 yang berhasil mencapai KKM dari 15 siswa, keterampilan Lokomotor pada materi PJOK di kelas IV. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Permainan tradisional kasti pada mata pelajaran PJOK keterampilan lokomotor siswa materi lari estafet pada peserta didik kelas IV MI Al-Bustanul ulum Sumobito jombang? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan Lokomotor siswa melalui metode permainan tradisional kasti pada mata pelajaran PJOK materi keterampilan lokomotor pada peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Sumobito jombang?. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 31 peserta didik dan tempat penelitian di MI Bustanul Ulum sumobito Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor observasi aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan, yaitu skor observasi aktivitas guru yang mendapat skor 84 pada siklus I menjadi 94,7 pada siklus II. Kemudian skor aktivitas peserta didik yang mendapat skor 71,6 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II. Peningkatan keterampilan lokomotor peserta didik juga dapat dikategorikan berhasil. selain itu. Hal ini terbukti dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari 72,4 untuk siswa laki-laki dan 63 untuk siswa perempuan(tidak baik), pada pra siklus. Setelah siklus I menjadi 76,8 untuk siswa laki-laki dan 73 untuk siswa perempuan pada siklus I, dan untuk siklus II menjadi 84,2 untuk laki-laki dan 78,7 untuk siswa perempuan dengan prosentase keterampilan Lokomotor siswa 56% untuk siswa laki-laki dan 60% untuk siswa perempuan di siklus I, kemudian menjadi 87,5% untuk siswa laki-laki dan 86,6% untuk siswa perempuan (baik) pada sikus II, sehingga prosentase keterampilan Lokomotor siswa meningkat masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afwanulloh, Muchlismuchlisafwanullah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Keterampilan lokomotor; Permainan tradisional kasti; Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afwanulloh Muchlis
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:25
Last Modified: 13 Feb 2019 01:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29838

Actions (login required)

View Item View Item