Pengembangan perangkat pembelajaran strategi Konflik Kognitif teori Kwon untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyana, Dita Indah (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran strategi Konflik Kognitif teori Kwon untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Indah Cahyana_D94214097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan satu hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah dapat dilatihkan melalui strategi konflik kognitif teori Kwon, karena dalam strategi tersebut siswa akan diajak berperan aktif dan membiasakan diri untuk memenuhi indikator-indikator pemecahan masalah. Dalam penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran strategi konflik kognitif teori Kwon. Tujuan peneliti adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, efek potensial pada perangkat yang dikembangkan, serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reesearch and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan di MTsN 1 Kota Kediri kelas VIII B sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket dan tes. Penelitian ini dikatakan baik apabila perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan mempunyai efek potensial dan mampu melatihkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data penelitian dianalisis dan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,16 dan kevalidan LKPD berkategori valid dengan rata-rata penilaian 4,10; 2) Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis dengan rata-rata penilaian A untuk RPP dan rata-rata penilaian B untuk LKPD. 3) Perangkat pembelajaran ini mempunyai efek potensial, karena memenuhi kriteria a) Rata-rata respon siswa memenuhi kriteria positif dengan rata-rata nilai 80,4%; b) Rata-rata motivasi belajar peserta didik 78,4% yang termasuk dalam kategori tinggi c) Rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik pada pertemuan terakhir termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu 80,05. 4) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran strategi konflik kognitif teori Kwon dari rata-rata 73,3 menjadi 80,05 dan pada pertemuan akhir siswa yang tuntas lebih banyak yaitu sebanyak 23 siswa atau 82% dari seluruh siswa yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyana, Dita Indahdhitaiendah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Strategi Konflik Kogn itif Teori Kwon; Pemecahan Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana Dita Indah
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:42
Last Modified: 13 Feb 2019 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item