Pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzmawiyah, Fivety (2019) Pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fivety Adzmawiyah_D91215095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru salah satunya yaitu kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan personal yang mencerminakan kepribadian yang mantab, stabil, dewasa, arif, berwibawa dan berakhlak mulia serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu: 1) untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro, 2) Untuk mengetahui pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro, 3) Untuk menemukan pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kuantitatif. Karena jumlah populasi tidak mencapai 100 yaitu 64 peserta didik maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara, angket dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan perolehan nilai prosentase sebesar 70,25%. 2) Pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan perolehan nilai prosentase sebesar 70,6%. 3) Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan 0,754 bila diprosentasekan adalah 75,4% yang tergolong hubungan yang cukup kuat. Hasil perhitungan R Square diketahui bahwa kompetensi kepribadian guru PAI mempengaruhi pembentukan akhlak peserta didik sebanyak 75,4% sedangkan sisanya 24,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor-faktor lain yang memungkinkan pembentukan akhlak peserta didik adalah keluarga, teman dan lingkungan. Serta berdasarkan hasil yang diperoleh pada besarnya korelasi 0.869, dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikansi antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan pembentukan akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Bubulan Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzmawiyah, Fivetyfivtyadzmawiyah18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Guru
Kepribadian
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kepribadian; Guru PAI; Pembentukan Akhlak; Peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adzmawiyah Fivety
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:40
Last Modified: 12 Feb 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item