Korelasi antara sikap toleransi beragama pendidik dengan sikap intoleransi peserta didik di MTsN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Ikhza Helmy Nugroho (2019) Korelasi antara sikap toleransi beragama pendidik dengan sikap intoleransi peserta didik di MTsN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikhza Helmy Nugroho_D91215069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana sikap toleransi beragama pendidik di MTsN 1 Kota Surabaya? (2) Bagaimana sikap intoleransi peserta didik di MTsN 1 Kota Surabaya? (3) Apakah ada korelasi antara sikap toleransi beragama pendidik dengan sikap intoleransi peserta didik di MTsN 1 Kota Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya tindakan-tindakan yang bersifat kekerasan bahkan radikal hingga tindakan terorisme yang beberapa kali terjadi di kota besar di Indonesia hal ini salah satu hasil dari sikap intoleransi beragama. Intoleransi beragama (religious intolerance), adalah sikap atau tindakan menolak (takfir), tidak menghargai, dan mengkoptasi kebebasan orang lain untuk meyakini, memeluk, beribadat sesuai agamanya yang berbeda. Dengan demikian pendidik harus bisa memberikan dan mengarahkan untuk bisa bersikap toleransi dikehidupan masing-masing dari siswa-siswi nya, data-data penelitian ini dihimpun dari MTsN 1 Kota Surabaya sebagai obyek dan subyek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen angket dan wawancara untuk mengumpulkan data, dan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan variabel X dan variabel Y masing-masing satu variabel. Dari hasil penghitungan di atas dapat diketahui mean dari variabel X yakni 45,56, dan hal ini termasuk kategori “Sangat Baik”, bisa dilihat dari interval 41-50. Untuk penghitungan variabel Y penghitungan di atas dapat diketahui mean dari variabel Y yakni 18,02, dan hal ini termasuk kategori “Kurang Baik” atau “Rendah”, bisa dilihat dari interval 14-23. Dan peneliti menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, hasil perhitungan korelasi antara sikap toleransi pendidik dan sikap intoleransi peserta didik di atas menandakan adanya hubungan atau korelasi sebesar -0,305, dengan demikian korelasi ini termasuk kategori “Rendah/Lemah” dan berlawanan, ditunjukkan dengan adanya tanda minus (-) artinya jika X semakin besar maka Y akan semakin kecil dan sebaliknya. Berdasarkan dari R hitung yang didapat, Ha diterima dan Ho ditolak karena Rh 0,305 > Rt 0,220 dengan tingkat signifikansi 5%, besar hubungan 0,305 berada dan masuk interval 0,20 – 0,399 dengan tingkat hubungan yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Ikhza Helmy Nugrohoikhzahelmy.perkuliahan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kerukunan Beragama
Radikal dan Radikalisme
Toleransi Islam
Toleransi
Uncontrolled Keywords: Korelasi; Sikap Toleransi Beragama; sikap Intoleransi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nugroho Muhammad Ikhza Helmy
Date Deposited: 12 Feb 2019 05:01
Last Modified: 12 Feb 2019 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29815

Actions (login required)

View Item View Item