Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Silaturahim untuk Menangani Sikap Individualistik Seorang Mahasiswa akibat Kecanduan Media Sosial di UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSAS)

Rashid, Nur Hashiifah A'liyah Faari'ah Binti Abdul (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Silaturahim untuk Menangani Sikap Individualistik Seorang Mahasiswa akibat Kecanduan Media Sosial di UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSAS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hashiifah A'liyah Faari'ah binti Abdul Rashid_B43215129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Silaturahim untuk Menangani Sikap Individualistik Seorang Mahasiswa akibat Kecanduan Media Sosial di UIN Sunan Ampel (UINSA)? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Silaturahim untuk Menangani Sikap Individualistik Seorang Mahasiswa akibat Kecanduan Media Sosial di UIN Sunan Ampel (UINSA)? Dalam membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi, dan dokementasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Permasalahan konseli yakni memiliki sikap individualistik seperti egois, kurang komunikasi, kurang kepedulian, tidak suka menolong/bergotong-royong, tidak bersifat keluargaan, tidak suka bersifat sosialisasi di kehidupan nyata, lebih suka menjaga jarak, menghindar keterlibatan dengan orang lain, menghabiskan banyak waktu dengan gadget/di dunia media sosial, tidak mengatur waktu dengan baik dan suka menyendiri. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses konseling menggunakan terapi silaturahim, dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat keluar dari sikap egois untuk bisa bersosialisasi di dunia nyata. Hasil dari penerapan konseling dalam penelitian ini cukup berhasil, yakni klien bisa dilihat dari adanya perubahan dari sikap dan perilaku klien yang sebelumnya tidak melibatkan diri dikehidupan nyata dan cenderung menghabiskan waktu dengan media sosial. Dan sekarang klien menjadi mulai bisa mewujudkan persaudaraan dengan orang di sekelilingnya dan bisa mengatur waktu dengan baik seperti tidak hanya asyik dengan gadjet/media sosial dalam seharian klien.

Email: nhashiifahaf29@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syakur, Abd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Silaturahim; Sikap Individualistik; Kecanduan Media Sosial.
Subjects: Bimbingan Konseling
Media Massa
Anak > Kepribadian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Faari'ah Nur Hashiifah A'liyah binti Abdul Rashid
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:35
Last Modified: 12 Feb 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29807

Actions (login required)

View Item View Item