Peningkatan keterampilan berbicara melalui media dadu kura-kura pintar pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Mamba'ul Ulum Panjunan Waru Sidoarjo

Rochmah, Ainur (2019) Peningkatan keterampilan berbicara melalui media dadu kura-kura pintar pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Mamba'ul Ulum Panjunan Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rochmah_D78214012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak pada kelompok A di TK Mamba’ul Ulum melalui media dadu kura-kura pintar, yang di latar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Mamba’ul Ulum Panjunan masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang menarik, strategi yang digunakan oleh guru masih cenderung monoton atau teacher center, kurangnya media pembelajaran, dan pembelajaran masih terpaku kepada Lembar Kerja Anak (LKA) dibanding kegiatan yang membuatanak menjadi bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Untuk rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan media dadu kura-kura pintar pada anak kelompok A di TK Mamba’ul Ulum Panjunan, bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan media dadu kura-kura pintar terhadap peningkatan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Mamba’ul Ulum Panjunan, dan bagaimana peningkatan hasil dalam penerapan media dadu kura-kura pintar dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Mamba’ul Ulum Panjunan.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan waktu penelitian selama 2 minggu pada akhir bulan oktober dan awal bulan november. Pada penelitian ini, menggunakan 2 siklus karena penelitian pada siklus 1 hasil keterampilan berbicara anak kurang dari 75% sehingga perlu adanya refleksi dan perbaikan pada siklus 2. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Mamba’ul ulum telah tercapai dan adanya peningkatan mulai pra penelitian. Peneliti melakukan tindakan pada siklus I sebanyak 8 anak yang tuntas, pada siklus II sebanyak 12 anak yang tuntas. Penerapan dan peningkatan keterampilan berbicara anak dengan media dadu kurakura pintar sebagai stimulasi anak mampu terampil dalam berbicara dengan baik.

Email: airahany11@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmad, Masyhudi
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Media Dadu Kura-kura Pinta
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rochmah Ainur
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:47
Last Modified: 14 Feb 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item