Orang Tua Karir dan Pendidikan Anak (Studi Tentang Problematika Orang Tua Karir dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak di Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Anif (2019) Orang Tua Karir dan Pendidikan Anak (Studi Tentang Problematika Orang Tua Karir dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak di Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anif Rachmawati_D91215048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai pendidikan yang merupakan hak dari setiap anak yang seharusnya diberikan oleh orang tua kepada anaknya dalam keluarga terutama pendidikan agama Islam. Namun pada saat ini karenakan kesibukan para orang tua dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga menyita waktu dalam memberikan pendidikan agama Islam kepada anak-anaknya. Meskipun demikian terdapat pula keluarga dengan kedua orang tua yang berkarir, kurang mendapat perhatian, namun anak-anaknya juga pandai-pandai dan tak kalah dengan anak dari keluarga yang ideal. Hal tersebut Karena setiap orang tua memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anak, dan masing-masing orang tua juga memiliki kendala yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam bagi anak yang diberikan oleh Orang tua yang bekerja yaitu dari berbagai jenis pekerjaan yang ada, bukan hanya dari golongan menengah atas akan tetapi juga menengah kebawah. metode yang digunakan dalam memberikan pendidikan agama Islam, dan juga problematika yang dihadapi oleh orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan mengambil latar desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, dengan responden yang berbeda dari beberapa jenis pekerjaan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi antara sumber dengan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan Pendidikan Islam bagi anak pada keluarga dengan jenis karir yang berbeda hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor, yaitu keterbatasan waktu, latar belakang pengetahuan orang tua tentang pendidikan agama Islam, tingkat kesiapan dan kecerdasan anak, dan pola asuh yang digunakan oleh orang tua. (2) Metode yang diterapkan orang tua terhadap pendidikan Islam bagi anaknya menggunakan beberapa metode antara lain: a) Metode keteladanan, b) Metode pembiasaan. c) Metode Dialog c) Metode hukuman. (3) problem yang dihadapi oleh orang tua berasal dari dua faktor yaitu, a) internal, yaitu keterbatasan waktu, dan tingkat pendidikan orang tua. b) eksternal, yaitu faktor lingkungan, dan media massa/teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Anifanifrachma14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Pendidikan
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Orang Tua Karir; Anak; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rachmawati Anif
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:42
Last Modified: 12 Feb 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29794

Actions (login required)

View Item View Item