Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Agung Lamongan Menurut PSAK 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Nur (2019) Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Agung Lamongan Menurut PSAK 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aisyah_G02215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Agung Lamongan Menurut PSAK 45 Tentang pelaporan keuangan Organisasi Nirlaba”ini merupakan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang ada di Masjid Agung Lamongan dan bagaimana mengenai kesesuaiannya dengan PSAK 45 mengenai pelaporan keuangan organisasi nirlaba, serta bagaimana bentuk akuntabilitas masjid dalam mengelola keuangannya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif analitis. Untuk pengumpulan datanya penulis melakukan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Dalam mengumpulkan data tersebut penulis melibatkan beberapa pengurus Masjid Agung Lamongan.Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwasanya para pengurus mengelola keuangan Masjid Agung Lamongan dengan sangat hati-hati dan dibukukan dengan cara sederhana setelah itu para pengurus Masjid Agung Lamongan memaparkan hasil pengelolaan tersebut kepada masyarakat. Dalam hal ini penulis menemukan bahwasanya masjid masih sangat sederhana dalam pencatatan keuangannya sehingga tidak sesuai dengan PSAK 45, dan para pengurus Masjid Agung Lamongan belum menerapkan PSAK 45 karena para pengurus masih merasa asing dengan standar tersebut. Dalam sikap akuntabilitas yang dilaksanakan oleh pengurus masyarakat ada yang sudah puas dan ada yang belum puas. Pengurus Masjid Agung Lamongan diberikan amanah dari masyarakat untuk mengelola keuangan Masjid Agung Lamongan dan amanah tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan baik. Dengan adanya beberapa masalah yang ada perlu adanya pelatihan mengenai pengelolaan keuangan atau pelaporan keuangan yang sesuai bagi masjid, dengan demikian SDM yang ada di Masjid Agung Lamongan semakin berkompeten dalam mengelola keuangannya, pencatatannya, serta dalam pelaporannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Nuraisyah9788@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pengelolaan Keuangan, PSAK 45.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aisyah Nur
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:10
Last Modified: 12 Feb 2019 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29782

Actions (login required)

View Item View Item