Peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya mencegah radikalisme di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rabba, Nala Auna (2019) Peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya mencegah radikalisme di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nala Auna Rabba_D91215071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari terjadinya aksi-aksi kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikal. Kecenderungan yang menjadi sasaran dalam penyebaran paham ini adalah anak-anak dalam usia remaja yang menduduki sekolah tingkat menengah. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran untuk memberikan pemahaman mengenai akidah yang benar dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan sebagai bekal untuk dapat mencegah timbulnya gesekah-gesekan antar umat Islam maupun umat beragama serta menghindari ajaran radikal untuk mencegah aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama. Fokus dalam penelitian ini adalah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan sekolah, dan juga kontrol guru Pendidikan Agama Islam terhadap perkembangan dan perilaku siswa. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa SMA Khadijah Surabaya. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan sekolah yakni dengan mengembangkan kurikulum, memperkuat pendidikan karakter, menambah mata pelajaran Ahlusunnah wal-Jama’ah, melakukan pendampingan dalam kegiatan non-akademik. Dalam kontrol terhadap perkembangan dan perilaku siswa, guru melakukan dengan kontrol bahan ajar, buku di perpustakaan, situs-situs yang dikunjungi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rabba, Nala Aunanalaauna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Radikal dan Radikalisme
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Pencegahan Radikalisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rabba Nala Auna
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:49
Last Modified: 12 Feb 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29777

Actions (login required)

View Item View Item