الأفعال المزيدة وفوائدها في وصية المصطفى بهامش شرح المنح السنية لعبد الوهاب الشعراني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Shuhrul (2019) الأفعال المزيدة وفوائدها في وصية المصطفى بهامش شرح المنح السنية لعبد الوهاب الشعراني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shuhrul Amin_A71214051.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ilmu Sharaf merupakan salah satu cabang ilmu linguistik yang mengkaji perubahan bentuk kata, berubahnya karena penambahan (زيادة) atau secara modern istilah shorof dikenal dengan istilah morfologi.Kalimat dalam bahasa arab terbagi menjadi kalimat isim (kata benda), kalimat fi’il (kata kerja), kalimat huruf (kata hubung). Dilihat dari bentuk hurufnya, fiil dibagi menjadi dua : kata kerja yang terdiri dari tiga huruf (tsulasi), dan kata kerja yang terdiri dari 4 huruf (ruba’i). Sedangkan dari keaslian atau kemurnian hurufnya kata kerja terbagi menjadi dua yaitu kata kerja murni tanpa tambahan huruf (mujarrad) dan kata kerja dengan tambahan huruf (mazid). Penambahan dalam suatu kata kerja memiliki tujuan tertentu sehingga dapat memunculkan makna baru yang disebut dengan faidah (fungsi).Namun,makna baru yang ada harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.Matan washiyatul musthofa yang terletak di tepi kitab al-minah as-saniyyah adalah Matan yang berisi tentang wasiat-wasiat nabi Muhammad SAW kepada Ali ibn Abu Thalib. Matan ini tidak diketahui pengarangnya. Meskipun begitu, Matan ini sering dikaji dan dipelajari oleh pesantren-pesantren di Indonesia seperti pesantren An-Nuqyah, Pesantren Tebuireng dan pesantren Bahrul Ulum Jombang dll. Dan kitab al-minah as-saniyyah adalah kitab yang dikarang oleh Syeikh Abdul Wahab Asy-Sya’roni, Pada penelitian ini, ada dua permasalahan yang akan dibahas oleh peneliti, yaitu:1.Apa saja bentuk dan macam-macam wazan fi’il fi’il tsulasi mazid di “washiyatul musthofa” di kitab syarah al-minah as-saniyyah?2.Apa saja faidah-faidah fi’il fi’il mazid di “washiyatul musthofa” di kitab syarah al-minah as-saniyyah?Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data yang ada pada matan washiyatul musthofa dikitab syarah al-minah as-saniyyah berupa teks yang mengandung fi’il tambahan serta menjelaskan faedah dan makna dari huruf tambahan. Sumber data dalam penelitian ini selain matan Washiyatul Musthofa yang dikitab syarah al-minah as-saniyyah dan juga buku-buku bahasa Arab yang memiliki hubungan dengan judul ini.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam matan Washiyatul Musthofa di kitab syarah al-minah as-saniyyah terdapat 69 fil mazid dengan berupa berbagai bentuk tambahan, wazan dan faedah. dari segi tambahannya ada tiga macam yaitu tambahan 1 huruf , 2 huruf ,dan 3 huruf, sedangkan dari wazannya terdiri dari 6 wazan, dari segi faedahnya terdiri dari 12 faedah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Shuhrulshuhrulamin111@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Bahasa Arab
Hadis
Wasiat
Buku
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Fiil-fiil mazid, washiyatul musthofa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Amin Shuhrul
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:59
Last Modified: 12 Feb 2019 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item View Item