Gaya komunikasi Ustadz Heru Kusumahadi dalam kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) di Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Arta Listyani (2019) Gaya komunikasi Ustadz Heru Kusumahadi dalam kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arta Listyani Putri_B76215076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai fenomena gaya komunikasi ustadz Heru Kusumahadi saat menyampaikan kajian siap nikah muda dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara verbal dan non verbal. Ustadz Heru Kusumahadi adalah seorang ustadz di Surabaya yang telah banyak menyampaikan berbagai tema kajian. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana gaya komunikasi ustadz Heru Kusumahadi dalam kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) di Surabaya. Adapun tujuan untuk memahami dan mendeskripsikan gaya komunikasi ustadz Heru Kusumahadi dalam kajian Siap Nikah Muda di Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, kemudian pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan terlibat, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi data primer. Teknik analisis data menggunakan empat alur kegiatan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi data dan penegasan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori penetrasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Komunikasi yang dilakukan oleh ustadz Heru Kusumahadi dalam kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) mengacu pada enam gaya yakni : the controlling style, the equalitarian style of communication, the structuring style, the dynamic style, the relinquishing style, dan the withdrawal style. Dan acapkali yang dominan muncul saat ustadz Heru Kusumahadi berlaku sebagai komunikator dalam menyampaikan kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) adalah the equalitarian style of communication, karena memiliki beberapa faktor yang mendukung sebagai berikut : Ustadz Heru Kusumahadi menyampaikan pesan verbal secara lisan dan komunikasi terjadi dua arah (two communication), dekat dengan komunikan, memiliki landasan yang jelas, menggunakan bahasa jenaka, berkaitan dengan masa kini, akrab, hangat, dan saling menghargai satu sama lain saat berkomunikasi. Komunikasi dilakukan secara terbuka yang berarti, semua komunikan yang menerima pesan dari ustadz Heru Kusumahadi yang hadir dalam kajian Siap Nikah Muda (SIANIDA) dapat mengungkapkan gagasan ataupun pendapat dalam suasana rileks, santai dan informal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Arta Listyanialistyani6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Ilmu Komunikasi
Nikah
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi; Verbal dan Nonverbal; Ustadz Heru Kusumahadi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Putri Arta Listyani
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:15
Last Modified: 12 Feb 2019 01:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29761

Actions (login required)

View Item View Item