Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media flashcard pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal At-Thayyibah Candi Sidoarjo

Ilmaya, Zidni (2019) Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media flashcard pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal At-Thayyibah Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zidni Ilmaya_D78214045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh peningatan keterampilan membaca permulaan dengan media flashcard pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Candi Sidoarjo masih rendah. Hal ini dibuktikan bahwa anak yang tidak tuntas sebesar 37% (Belum Berkembang), dan 31% (Mulai Berkembang). Dari latar belakang tersebut, didapatkan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan media flashcard dalam peningkatan keterampilan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal At-Thayyibah Candi Sidoarjo, serta bagaimana peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media flashcard pada anak usia 5-6 tahun di Raudlotul Athfal At-Thayyibah Candi Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Model penelitian Kurt Lewin terdiri dari 4 tahapan: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk satu siklus. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Teknis pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian menggunakan penilaian analisis deskripsi kualitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan observasi aktivitas guru dan anak didik memperoleh nilai 58, Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dan anak didik memperoleh nilai 76, dan siklus III dari hasil observasi aktivitas guru dan anak didik meperoleh nilai 86. Pada setiap siklus mengalami perubahan yang baik dikarenakan guru bisa memahami kondisi anak didik dan memberikan pembelajaran yang aktif sehingga dapat dilihat perkembangan anak didik pada setiap siklusnya. Rata-rata yang diperoleh anak didik pada pra siklus 48 , pada siklus I rata-rata anak didik memperoleh nilai 56, siklus II pemerolehan rata-rata perkembangan anak didik memperoleh nilai 70, dan siklus III rata-rata perkembangan anak didik memperoleh nilai 80.

Email: zidniilmaya81@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muallifah, Ilun
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca; Media flashcard; Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Anak
Keterampilan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Ilmaya Zidni
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:38
Last Modified: 13 Feb 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item