السجع والاقتباس في رواية "سلامة القس" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthohharoh, Niswatun (2019) السجع والاقتباس في رواية "سلامة القس" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswatun Muthohharoh_A91215122.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang sastrawan kelahiran Surabaya. Ia lahir pada tahun 1910. Ayahnya merupakan seorang keturunan Arab dari Hadramaut (Yaman). Ketika Bakatsir berumur sepuluh tahun, ia dan ayahnya pergi ke Hadramaut untuk mempelajari bahasa Arab dan agama Islam di sana. Bakatnya sebagai seorang penyair terasa kuat dan mulai bersinar. Ali Ahmad Bakatsir memiliki berbagai karya sastra, mulai dari syair, novel, cerpen, drama, dan lain-lain. Kalimat-kalimat yang digunakannya banyak mengandung unsur keislaman dan kutipan ayat-ayat al-Qur’an sehingga susunan kalimatnya terasa begitu indah. Salah satu karyanya yaitu novel Sallamatul Qassi yang menceritakan tentang seorang pria sholeh yang sangat alim yang bernama Abdur Rahman dan seorang budak perempuan bernama Sallamah yang berlatar kota Makkah. Sallamah bukanlah seorang budak biasa, ia mempunyai suara emas sehingga banyak orang yang berebut untuk membelinya dan menjadikannya sebagai seorang biduan. Banyak bait syair yang dilantunkan oleh Salamah, salah satunya termasuk karya Abdur Rahman, karena Abdur Rahman sangat mencintai Sallamah. Akan tetapi karena dia adalah seorang yang sangat alim sedangkan Sallamah adalah seorang biduan, maka banyak sekali masyarakat yang menggunjingnya. Bait-bait syair yang dilantunkan oleh Sallamah menarik peneliti untuk mengkaji macam sajak apa yang ia gunakan. Karena novel ini adalah karya Ali Ahmad Bakatsir yangmana ia banyak mengutip ayat al-Qur’an maupun Hadits nabi yang diselipkannya dalam beberapa uslub kalimat yang ia tulis, hal ini sangat menarik peneliti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kualitatif yaitu metode yang mengedepankan aspek kualitas pemahaman, bukan berupa angka-angka. Adapun deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan hasil penelitian secara sistematis. Penelitian ini menggunakan kajian Balaghah yaitu Badi’. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu peneliti menemukan 39 data yang mengandung sajak dan iqtibas. Adapun sajak yang terdapat dalam novel ini yaitu saja’ mutharraf, saja’ mutawazi dan saja’ murashsha’. Iqtibas yang terdapat dalam novel ini bersumber dari al-Qur’an dan hadits nabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthohharoh, Niswatunaniswah284@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Saja’; Iqtibas; Novel Sallamatul Qassi; Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muthohharoh Niswatun
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:16
Last Modified: 12 Feb 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29736

Actions (login required)

View Item View Item