Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan Lempar Dadu pada anak Kelompok A di TK Sunan Prapen Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damiati, Umriatud (2019) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan Lempar Dadu pada anak Kelompok A di TK Sunan Prapen Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umriatud Damiyati_D98214063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Tk Sunan Prapen Gresik. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan mengenal dan membedakan huruf kecil p dan q, b dan d pada kelompok A masih kurang, hal tersebut dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara yang bisa meningakatkan kemampuan mengenal huruf kepada siswa dengan menggunakan media permainan lempar dadu huruf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Model Kurt lewin merupakan acuan dasar dalam penelitian, khususnya pada penelitian tindakan kelas (PTK) karena dialah yang pertama mengenalkan penelitian tindakan. Model ini mempunyai 4 komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil presentase pra siklus dalam kemampuan belajar pada indicator menunjukkan simbol huruf kecil p dan q, b dan d mencapai 23,8% dan pada indicator menyebutkan simbol huruf kecil p dan q, b dan d mencapai 14,2 %. Pada siklus I mengalami peningakatan, yakni pada indicator menunjukkan simbol huruf mencapai 47,6%. Pada indicator menyebutkan simbol huruf mencapai 28,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk indicator menunjukkan simbol huruf kecil p dan q, b dan d mencapai 57%, untuk indicator menyebutkan simbol huruf kecil p dan q, b dan d mencapai 47,6%.,3%. Bisa disimpulkan bahwasanya kemampuan mengenal huruf pada siswa kelompok di TK Sunan Prapen Gresik dapat ditingkatkan menggunakan media permainan lempar dadu huruf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damiati, UmriatudUmriatud@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf; Anak Usia Dini; Media Permainan Lempar Dadu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Damiati Umriatud
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:54
Last Modified: 13 Feb 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29735

Actions (login required)

View Item View Item