KH. Anas Mahfudz dan peranannya dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di Lumajang Jawa Timur Tahun (1928-1984)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazilaturrohmah, Laili (2019) KH. Anas Mahfudz dan peranannya dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di Lumajang Jawa Timur Tahun (1928-1984). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Nazilaturrohma_A72214038.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul KH. Anas Mahfudz dan Peranannya dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di Lumajang Jawa Timur Tahun 1928-1984. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana biografi KH. Anas Mahfudz (2) Bagaimana peran KH. Anas Mahfudz dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Lumajang Jawa Timur tahun 1928-1984 (3) Bagaimana hubungan sosial kemasyarakatan KH. Anas Mahfudz dengan Tokoh dan Masyarakat Nahdlatul Ulama’ (NU) di Lumajang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah dengan tahapan (1) heuristik, (2) kritik sumber, (3) interpretasi, dan (4) historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian historis dengan pendekatan ilmu sosiologi. Selain itu penulis juga menggunakan teori peran oleh Gross, Mason dan Mc. Eachern, yaitu seperangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu yang menempati kedudukan sosial tertentu.Dari hasil Penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) KH. Anas Mahfudz adalah salah satu tokoh agama dan masyarakat yang lahir di Lumajang tahun 1907 dan meninggal pada tahun 1989, (2) Beliau memiliki peran dalam mengembangkan Pendidikan Islam di Lumajang, Mendirikan Madrasah Nurul Islam Lumajang. Mendirikan IAIN Sunan Ampel Surabaya cabang Lumajang pada tahun 1968-1975 (3) Karakter tawadlu’, kuat, sederhana, bersahaja, mampu menjadikan KH. Anas Mahfudz sebagai tokoh masyrakat yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazilaturrohmah, Laililailinazila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: KH. Anas Mahfudz; Lembaga Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nazilaturrohmah Laili
Date Deposited: 13 Feb 2019 05:11
Last Modified: 13 Feb 2019 05:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29729

Actions (login required)

View Item View Item