Pengaruh Penggunaan Kartu Bergambar Bintang Terhadap Motivasi Belajar Pengetahuan Anak Kelompok B Tk Aba 11 Sidokumpul Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018

Rozhan, Nadiyatul Karimah (2019) Pengaruh Penggunaan Kartu Bergambar Bintang Terhadap Motivasi Belajar Pengetahuan Anak Kelompok B Tk Aba 11 Sidokumpul Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiyatul karimah rozhan_D98214056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar pengetahuan anak dalam proses belajar mengajar. Hal itu dapat dilihat dari hasil motivasi belajar pengetahuan anak sebelum adanya kartu bergambar bintang. Anak tidak begitu tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan kartu bergambar bintang terhadap motivasi belajar pengetahuan anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Sidokumpul Paciran Lamongan hasil penelitian ini dapat membantu menumbuhkan motivasi pengetahuan anak. Guru dapat memberikan umpan balik dengan memberikan rangsangan pengetahuan pada anak. Penilitian ini juga dapat membantu guru untuk mempertimbangkan bahwa kartu kartu bergambar bintang efektif untuk motivasi belajar pengetahuan anak. Hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif pearson product moment berupa angket yang diisi oleh guru sebagai pembuktian yang kongkrit bahwasanya kartu bergambar bintang dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar pengetahuan anak. Subyek dari peneliti merupakan populasi anak kelompok B. Berdasarkan dari hasil analisis sebelum adanya kartu bergambar bintang dapat diketahui nilai angket yang telah diisi sangat rendah. Kemudian peneliti membuktikan bahwa kartu bergambar bintang sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar pengetahuan anak. Hal ini dapat dilihat dari keofesien korelasi antara variabel x dan y berupa hasil angket yang bernilai 0,93, dimana korelasi ini termasuk korelasi sangat kuat. Hal ini dapat dibandingkan bahwa nilai “rxy” lebih besar dari “r tabel” atau “rtab” baik pada taraf signifikansi 1% yaitu ( 0,93 > 0,463) ataupun taraf signifikansi 5% (0,93 > 0,361). Hal ini, menunjukkan bahwa adanya pengaruh sangat kuat penggunaan kartu bergambar bintang terhadap motivasi belajar pengetahuan anak kelompok B TK ABA 11 Sidokumpul Paciran Lamongan.

Email: iriemah@yahoo.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Alfin, Jauharoti
Uncontrolled Keywords: Kartu Bergambar Bintang; Motivasi Belajar Pengetahuan Anak
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rozhan Nadiyatul Karimah
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:53
Last Modified: 15 Feb 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29726

Actions (login required)

View Item View Item