Hubungan supervisi klinis kepala sekolah dengan etos kerja guru di MTs Ma'arif NU Randegansari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky G., Annas Syah (2019) Hubungan supervisi klinis kepala sekolah dengan etos kerja guru di MTs Ma'arif NU Randegansari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annas Syah Fatihahtu Rizky G._D03213002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan supervisi klinis kepala sekolah dengan etos kerja guru beserta pengertiannya di MTs Ma’arif NU Randegansari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model product moment dan teknik nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. pada pengambilan sampel anggota populasi dilakukan menggunakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang ada dalam populasi. Metode yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala sekolah, dan sebagian guru. Hasil penelitian menunjukkan hubungan supervisi klinis kepala sekolah dengan etos kerja guru terdiri dari supervisi klinis kepala sekolah dan etos kerja guru Pada MTs Ma’arif NU Randegansari melakukan beberapa proses, yakni identifikasi yang dilakukan oleh pihak peneliti, dan penyususan skala dengan menggunakan skala likert. Dari penelitian yang sudah dilakukan dengan menggunakan statistical package for social science (SPSS) product moment for windows versi 22 diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 14 dengan nilai rata-rata (mean) 3,00 dan standart deviasi sebesar 0,87 merujuk pada kategori skor penilaian supervisi klinis kepala sekolah di MTs Ma’arif NU Randegansari tergolong baik. Etos kerja guru tergolong kurang baik dengan nilai rata-rata (mean) hanya 2,00 dengan standart deviasi 0,73 menjadikan itu tergolong kurang baik. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statistical package for social science (SPSS) product moment for windows versi 22 diperoleh hubungan yang signifikan antara variabel supervisi klinis kepala sekolah dengan etos kerja guru. Hasil hitung korelasi product moment 0,649 lebih besar dari rtabel, pada taraf kesalahan 5% dengan nilai 0,632. Adapun tingkat hubungan yang ditimbulkan adalah tergolong kuat, hal ini berdasarkan “rxy” dengan nilai 0,649 yang terletak antara 0,60 – 7,99 yang mana interpretasinya adalah tinggi/kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky G., Annas Syahajaannas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Kepala Sekolah
Uncontrolled Keywords: Supervisi klinis kepala sekolah; etos kerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizky Annas Syah Fatihahtu
Date Deposited: 12 Feb 2019 09:12
Last Modified: 12 Feb 2019 09:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29720

Actions (login required)

View Item View Item