Pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal di kelas A taman kanak-kanak (TK) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salik, Arizqa Yasirli (2019) Pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal di kelas A taman kanak-kanak (TK) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arizqa Yasirli Salik_D78214014_Skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca awal anak yang masih kurang. Masih ada anak kesulitan dalam mengenal simbol huruf vokal - konsonan serta anak juga masih belum bisa membaca kata berpola. Perlu penggunaan media yang menarik dalam membaca awal, salah satunya dengan menggunakan media kartu huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal di kelas A TK Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen jenis Quasi bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 12 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen terdiri dari 6 anak dan kelompok kontrol terdiri dari 6 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test dengan rumus U hitung < U tabel, maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antara dua variabel.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan membaca awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum ada perlakuan dikatakan belum berkembang terlihat dari jumlah skor 15 untuk kelompok eksperimen dan 13 untuk kelompok kontrol, setelah adanya perlakuan mengalami peningkatan untuk kelompok eksperimen dengan skor awal 15 menjadi 41 dan berdasarkan hasil analisis data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam membaca awal diperoleh harga nilai U2 lebih kecil daripada harga nilai U1. Nilai U2 sebesar 2, kemudian nilai U2 dibandingkan dengan nilai Utabel dengan tingkat kesalahan 0.025 dengan jumlah n1 = 6 dan n2 = 6 diperoleh nilai tabel sebesar 5, maka harga U hitung lebih kecil dari nilai U tabel (2 < 5) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca awal anak di kelas A TK Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salik, Arizqa Yasirliyasirlisalika@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Media kartu huruf, kemampuan membaca awal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Salik Arizqa Yasirli
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:16
Last Modified: 12 Feb 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item View Item