Makna karakter desain komunikasi visual website NU Online sebagai media dakwah: analisis semiotika Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozana, Nadya Khennis (2019) Makna karakter desain komunikasi visual website NU Online sebagai media dakwah: analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Khennis Rozana_B01215035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana makna karakter desain komunikasi visual website NU Online sebagai media dakwah yang dirinci kembali dalam dua rumusan masalah (a) Bagaimana elemen desain komunikasi visual website NU Online dan (b) Bagaimana karakter desain komunikasi visual website NU Online sebagai media dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna dari karakter desain komunikasi visual website NU Online.
Untuk mengidentifikasi permasalahan di atas, penulis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif teks media yakni semiotika model Ferdinand De Saussure. Data yang diperoleh merupakan dari hasil dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini antara lain : tipografi dengan jenis huruf Sans Serif memberi karakter keakraban yang bermakna menjaga ukhuwwah basyariyyah. Ilustrasi yang digunakan adalah foto yang obyektif bermakna Nahdlatul Ulama selalu obyektif dalam menyampaikan informasi atau memutuskan suatu perkara. dan iklan yang informatif bermakna bahwa NU Online bersedia bekerjasama dengan lembaga – lembaga sebagai media penyebaran informasi. Garis yang terdapat pada tampilan adalah garis horizontal memberi kesan seimbang sesuai dengan salah satu ciri utama ajaran Ahlussunnah wal jama’ah yakni tawazun.. Ikon dan logo memberi kesan simplisitas mencerminkan karakter masyarakat Nahdlatul Ulama sebagai umat Islam tradisionalis yang menyukai kesederhanaan. Warna putih representasi dari cahaya, menunjukkan bahwa NU Online sebagai media dakwah, memberikan penerangan dan petunjuk kepada masyarakat. Warna biru mewakili sifat konservatif sesuai dengan ciri masyarakat Nahdlatul Ulama yang masih terus menjaga tradisi Islam. Warna hitam memberikan makna eksklusif, hal ini berhubungan dengan konten yang disajikan oleh NU Online adalah eksklusif atau khusus tentang informasi Islam terkini baik lokal, nasional maupun internasional. Warna orange berkarakter kesegaran menunjukkan bahwa NU Online sebagai media penyebaran informasi keIslaman yang selalu up to date. warna merah yang menarik perhatian, Nahdlatul Ulama sejak didirikan hingga sekarang selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Warna abu – abu yang berkarakter netral mewakili salah satu ajaran ahlussunnah wal jama’ah yakni tawassuth atau bersikap moderat. Berdasar pada permasalahan dan kesimpulan tersebut, penulis merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang resepsi dari viewers dengan menggunakan metode kuantitatif sehingga ada hasil nominal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozana, Nadya Khennisnadyakhen@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Makna; Karakter; Desain Komunikasi Visual; Website NU Online; Media Dakwah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rozana Nadya Khennis
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:16
Last Modified: 14 Feb 2019 01:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item