Manajemen Strategis Pengembangan Dakwah pada Yayasan Miftahul Ulum Al Yasini Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Syukron (2019) Manajemen Strategis Pengembangan Dakwah pada Yayasan Miftahul Ulum Al Yasini Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syukron Najib_B94215041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen strategis pengembangan dakwah yang digunakan oleh Yayasan Miftahul Ulum Al - Yasini Pasuruan? Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana manajemen strategis pengembangan dakwah yang diterapkan oleh Yayasan Miftahul Ulum Al - Yasini Pasuruan beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan ketika dan setelah mengumpulkan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan transkip wawancara, coding, kategorisasi, dan analisis. Penelitian ini menemukan, bahwa manajemen strategis pengembangan dakwah yang diterapkan oleh Yayasan Miftahul Ulum Al Yasini Pasuruan menggunakan beberapa cara. Beberapa cara tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga cara, yaitu menjalin hubungan baik dengan masyarakat, meningkatkan kualitas, dan spiritual. Selain itu, yayasan juga melakukan pengembangan kader da’i dan pengkaderan penerus ponpes. Adapun faktor pendukungnya meliputi berbasis pesantren terpadu dan pendidikan sumber daya manusianya, pengembangan kekuasan dengan mengembangkan lembaga formal dan nonformal, serta ketokohan Gus Mujib. Adapun faktor penghambatnya meliputibirokrasi sistem manajemen sentral. Oleh karena itu, seluruh kesepakatan dalam musyawarah ending-nya pada Gus Mujib. Selain itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan informasi yang menyebabkan miskomunikasi. Dalam hasil penelitian ini belum ditemukan sebuah teori baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Syukronsyukron1201@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis; Pengembangan Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Syukron
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:55
Last Modified: 12 Feb 2019 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29700

Actions (login required)

View Item View Item