المحسنات اللفظية في بطولة خالد بن الوليد في كتاب رجال حول الرسول لخالد محمد خالد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizi, Meta Nur (2019) المحسنات اللفظية في بطولة خالد بن الوليد في كتاب رجال حول الرسول لخالد محمد خالد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meta Nur Hilmiya Azizi_A71215074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beberapa Muhassinat Al Lafdhiyah dalam Cerita Kepahlawanan Khalid bin Walid dalam Kitab "Rijal Haula Al-Rasul " Karya Khalid Muhammad Khalid Kitab Rijal Haula Al Rasul berisi tentang 60 sahabat nabi yang selalu membela Islam selama masa hidupnya. Peneliti memilih untuk membuat muhassinat al lafdhiyah sebagai teori pembahasan karena Khalid Muhammad Khalid yang dikenal sebagai penulis yang berisikan gaya bahasa yang sangat tinggi dan mampu membuat pembaca merasakan kesedihan ataupun kegembiraan yang luar biasa. Muhassinat al lafdhiyah adalah gaya bahasa yang fokus memperindah lafadz dari segi jinas, saja’, dan iqtibas. Ketika peneliti membaca kitab Rijal Haula Al Rasul peneliti tertarik pada satu kisah kepahlawanan Khalid bin Walid karena Khalid yang dahulu adalah musuh Islam kini menjadi panglima kebanggaan Islam dan tak pernah berhenti mengikuti perang sampai akhir hayatnya.Dari penjelasan tersebut, rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian, yaitu: 1) apa saja macam-macam jinas dalam cerita kepahlawanan Khalid bin Walid dalam buku “Rijal Haula Al-Rasul” karya Khalid Muhammad Khalid? 2) apa saja macam-macam saja’ dalam cerita kepahlawanan Khalid bin Walid dalam buku “Rijal Haula Al-Rasul” karya Khalid Muhammad Khalid? 3) apa saja macam-macam iqtibas dalam cerita kepahlawanan Khalid bin Walid dalam buku “Rijal Haula Al-Rasul” karya Khalid Muhammad Khalid?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui macam-macam muhassinat al lafdhiyah dalam cerita kepahlawanan Khalid bin Walid dalam Buku “Rijal Haula Al-Rasul” Karya Khalid Muhammad Khalid.Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, Metode deskriptif kualitatif artinya peneliti langsung meneliti sesuatu yang ada di tempat untuk memastikan kebenaran data yang ada. Peneliti memperoleh data setelah membaca kitab Rijal Haula Al-Rasul karya Khalid Muhammad Khalid kemudian mengumpulkan data yang berupa muhassinat al lafdhiyah dan mengelompokkannya menjadi jinas (jinas tam dan ghairu tam), saja’ (saja’ muthorrof, saja’ mutawazzi, dan saja’ murosso’), serta iqtibas yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizi, Meta Nurmetanur0512@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Biografi
Uncontrolled Keywords: Muhassinat Lafziyah, Malhamah, Khalid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Azizi Meta Nur Hilmiya
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:21
Last Modified: 12 Feb 2019 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29696

Actions (login required)

View Item View Item