Peran K.H. Abdurrohim Al Baqir dalam mengembangkan Asrama Pesantren Ta'limul Qur'anil Adhim Bungah Gresik 1972-2003 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Aris (2019) Peran K.H. Abdurrohim Al Baqir dalam mengembangkan Asrama Pesantren Ta'limul Qur'anil Adhim Bungah Gresik 1972-2003 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aris Afandi_A02213017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peran K.H. Abdurrohim Al-Baqir Dalam Mengembangkan Asrama Pesantren Ta’limul Qur’anil Adhim Bungah Gresik 1972-2003 M. Dari judul tersebut muncul beberapa pembahasan yang menjadi kajian skripsi ini sebagaimana tercantum dalam rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimanakah Biografi K.H. Abdurrohim Al-Baqir (2) Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Asrama Pesantren Ta’limul Qur’anil Adhim Bungah Gresik 1972-2003 M(3) Bagaimana Peran K.H. Abdurrohim Al-Baqir Dalam Mengembangkan Asrama Pesantren Ta’limul Qur’anil Adhim Bungah Gresik. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan penulis untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan historis dan sosiologis yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang terjadi di masa lampau serta mengungkap segi-segi sosial dari peristiwa yang dikaji seperti peranan sosial, status sosial, dan sebagainya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori peranan yang mendefinisikan peranan sebagai seperangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu yang menempati kedudukan sosial tertentu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) K.H Abdurohim Al-Baqir merupakan anak yang lahir dari pasangan ibu Afifah dan ayah Baqir. Ia lahir di Gresik, pada tahun 1941 (2) Asrama Pesantren Ta’limul Qur’anil Adhim didirikan oleh K.H. Abdurohim Al-Baqir pada tahun 1972 karena diminta oleh Kiai Ali Maksum. Pesantren ini berkembang pesat hingga mempunyai ratusan santri dan telah menelurkan alumni-alumni berkualitas. (3) Peranan yang dilakukan K.H. Abdurrohim Al-Baqir dalam mengembangkan APTQ ialah menjadi penasehat spiritual, membekali santrinya ketrampilan, dan memberdayakan santri. Langkah-langkah yang dilakukannya cukup membuat pesantren APTQ makin berkembang dan maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Aris4ri5.11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pesantren
Uncontrolled Keywords: K.H. Abdurrohim Al Baqir; Asrama Pesantren; Ta'limul Qur'anil Adhim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Afandi Aris
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:07
Last Modified: 11 Feb 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29688

Actions (login required)

View Item View Item