Pengaruh pembelajaran kitab Safinatun Najah terhadap perilaku keagamaan peserta didik di SMK IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Zumrotul (2019) Pengaruh pembelajaran kitab Safinatun Najah terhadap perilaku keagamaan peserta didik di SMK IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Khoiriyah_D01215044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pembelajaran kitab Safinah di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik?(2) Bagaimana perilaku keagamaan peserta didik di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik? (3) Bgaimana pengaruh pembelajaran kitab Safinah terhadap perilaku keagamaan peserta didik di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembelajaran kitab Safinah di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik, (2) untuk mengetahui perilaku keagamaan siswa di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik, dan(3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kitab Safinah terhadap perilaku keagamaan siswa SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Data-data penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data menggunakankuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif.Teknik analisis data berdasarkan perhitungan SPSS regresi linier sederhana bahwa ada hubungan yang signifikanantarapembelajaran kitab Safinah dengan perilaku keagamaansiswa. Terdapat 13,2 % variable perilaku keagamaandipengaruhi / dijelaskan oleh variable pembelajaran kitab Safinahdan sisanya 86,8 % dipengaruhi oleh variable lainnya di antaranya faktor keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.
Dan dperoleh dari hasil angket bahwa pengaruh pelaksanaan pembelajaran kitab Safinah terhadap perilaku keagamaan siswa SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik tergolong “cukup baik”. Hal ini terbukti berdasarkan hasil analisis melalui prosentase diperoleh 59 % dan nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh Suharsimi Arikunto berkisar antara 41 % - 60% yang berarti cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, ZumrotulZumrotulkhoiriyah19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kitab Safinah; Perilaku Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoiriyah Zumrotul
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:49
Last Modified: 12 Feb 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item