Gaya bahasa pesan dakwah Ustadzah Lulu Susanti dalam video youtube pemuda masa lalu, kini dan nanti

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Kartika Dewi (2019) Gaya bahasa pesan dakwah Ustadzah Lulu Susanti dalam video youtube pemuda masa lalu, kini dan nanti. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kartika Dewi A_B01215023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap cara Ustadzah Lulu membawakan ceramahnya. Terutama gaya bahasa yang digunakan sangat menarik dan sangat khas. Banyak disukai oleh berbagai kalangan umur baik kecil maupun dewasa. Pesan yang disampaikan selalu mudah untuk diingat.selain menymapikan dakwah Ustadzah Lulu juga menghibur para pendengarnya melalui beberapa lelucon. Saat ini dakwahnya sudah meramban dimedia sosial terutama di youtube. Ketika tidak sempat menyaksikan dakwahnya di televisi, maka youtube sudah menyediakan tayangan di televisi dalam bentuk video. Jadi tidak perlu cemas ketika tertinggal materi dari dakwahnya. Untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti, penulis membuat fokus penelitian untuk menjawab permasalahan tentang Bagaimana gaya bahasa pesan dakwah ustadzah lulu susanti dalam video youtube berjudul pemuda masa lalu, kini dan nanti? Untuk menjawab rumusan masalah diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Analisis ini dipilih sebagai alat untuk mengupas dan meneliti gaya bahasa yang digunakan Ustadzah Lulu dalam video yang menjadi objek dalam penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya bahasa yang digunakan Ustadzah Lulu dalam menyampaikan dakwah yaitu 1) Berdasarkan jenis gaya bahasa menggunakan gaya bahasa lisan 2) Berdasarkan pilihan kata yaitu gaya bahasa resmi dan gaya bahasa percakapan 3) Berdasarkan nada suara yaitu gaya bahasa sederhana 4) Berdasarkan struktur kalimat yaitu gaya bahasa Klimaks atau gradasi 5) Berdasarkan suasana yaitu gaya bahasa Superfluous 6) Berdasarkan langsung tidaknya makna yaitu gaya bahasa Omission, Asonasi, Parabel. Penelitian ini fokus membahas tentang gaya bahasa yang digunakan oleh Ustadzah Lulu Susanti dalam menyampaikan dakwah. penelitian selanjutnya diharapkan ada penelitian lain yang fokus tentang gaya retorika Ustadzah Lulu Susanti atau strategi dakwah Ustadzah Lulu Susanti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Kartika Dewikartikadewi190519@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Retorika
Uncontrolled Keywords: Gaya bahasa; Pesan dakwah; Media youtube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anggraini Kartika Dewi
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:44
Last Modified: 11 Feb 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29675

Actions (login required)

View Item View Item