Bimbingan Konseling Islam dengan teknik muhasabah untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa yang sering terlambat di SMPN 13 Surabaya

Hamidiyah, Alif Puji Ningrum Isa (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan teknik muhasabah untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa yang sering terlambat di SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Puji Ningrum Isa Hamidiyah _B93215094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, 1. Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa yang sering terlambat di SMPN 13 Surabaya, dan 2. Bagaimana hasil dari Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa yang sering terlambat di SMPN 13 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa nya menggunakan analisa deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara teori dengan praktik di lapangan, membandingkan kondisi konseli antara sebelum dan sesudah pemberian bimbingan konseling islam dengan tekhnik muhasabah untuk meningkatkan kedisiplinannya. Proses bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa yang sering terlambat di SMPN 13 Surabaya dilakukan melalui dua cara, pertama konseli menceritakan serta menuliskan kegiatan harian yang biasa dilakukan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kedua konseli dan konselor bersama-sama menyusun target perubahan yang bertujuan agar konseli lebih bisa disiplin dan bertanggung jawab atas pilihan dan tanggung jawabnya. Hasil akhir dari penelitain ini dapat dikatakan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan perubahan perilaku konseli dalam kehidupan sehari harinya yang awalnya kurang bisa mengatur waktu dengan baik, menjadi lebih bisa untuk mengatur waktunya dan bertranggung jawab. Sehingga dapat hidup lebih disiplin.

Email: alifpujiningrum234@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Albaar, Ragwan
Uncontrolled Keywords: Muhasabah; Kedisiplinan; Terlambat sekolah
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hamidiyah Alif Puji Ningrum Isa
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:35
Last Modified: 13 Feb 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item