Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Materi Hukum Bacaan Mim Sukun Melalui Media Audio Visual Bagi Kelas V MI Bustanul Muta'alimin Setro Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Lusita Rizka Jazilatur (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Materi Hukum Bacaan Mim Sukun Melalui Media Audio Visual Bagi Kelas V MI Bustanul Muta'alimin Setro Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lusita Rizka Jazilatur Rohma_D97215095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Hukum Bacaan Mim Sukun menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Karena pembelajaran di kelas selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya media dalam proses pembelajaran. Dari 35 siswa dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Yang masih belum faham tentang hukum bacaan mim sukun adalah 21 orang siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan media audio visual pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist materi Hukum Bacaan Mim Sukun bagi siswa kelas V MI Bustanul Muta’alimin Setro Menganti Gresik? 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist materi Hukum Bacaan Mim Sukun melalui media audio visual bagi kelas V MI Bustanul Muta’alimin Setro Menganti Gresik? Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 35 siswa dan tempat penilitian di MI Bustanul Muta’alimin Setro Menganti Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang meliputi empat tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan media audio visual dikatakan berhasil karena guru bisa menerapkan media ini dengan baik. Hal ini dibuktikkan dengan skor observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, yaitu skor observasi aktivitas guru yang mendapatkan skor 79 (cukup) pada siklus I menjadi 90,3 (sangat baik) pada siklus II. Kemudian skor aktivitas siswa yang mendapat skor 75 (cukup) pada siklus I menjadi 85,6 (baik) pada siklus II. 2). Selain itu peningkatan pemahaman peserta didik dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari nilai rata-rata 62,5 (kurang) pada pra siklus menjadi 74,8 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan pemahaman 68,5% (cukup) kemudian menjadi 83,2 (baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan pemahaman meningkat menjadi 88,5% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Lusita Rizka Jazilaturrizka.chichy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Hukum Bacaan Mim Sukun; Al-Qur’an Hadist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohma Lusita Rizka Jazilatur
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:47
Last Modified: 12 Feb 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29670

Actions (login required)

View Item View Item