Teknik ceramah Muhamad Anwar Ali Badarudin di Masjid Bustanul Mu'minin Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Anggi Meileni (2019) Teknik ceramah Muhamad Anwar Ali Badarudin di Masjid Bustanul Mu'minin Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggi Meileni Putri_B91215048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masjid Bustanul Mu’minin adalah masjid yang terletak di Bojonegoro, sebelumnya, kegiatan keagamaan dimasjid ini sangatlah minim, Setelah adanya Anwar Badarurin yang berceramah setiap jum’at wage kemudian membuat aktivitas keagamaan tahlilah mulai aktif kembali dan karena kehadiranya, mad’unya kian bertambah. Penelitian ini, di fokuskan untuk menjawab permaslahan tentang bagaimana teknik ceramah Muhamad Anwar Ali Badarudin yang meliputi teknik persiapan ceramah seperti: teknik persiapan fisik, mental, dan materi. juga tentang teknik pembukaan dan teknik penutupan ceramah. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Data yang di gunakan berupa hasil wawancara tak terstruktur, observasi, dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat di ketahui bahwa teknik persiapan fisik Anwar Badarudin adalah berolah raga di sawah dan menghindari rokok. Sedangkan teknik persiapan mentalnya adalah sholat tahajud, dhuha, beristighfar, berpuasa, bergaul dengan dengan siapa saja, berkunjung pada rumah guru. Untuk teknik materi di sesuaikan dengan topik, membaca buku-buku pidato. Teknik pembukaan Anwar Badarudin adalah dengan mengucap salam, mengajak jama’ah mengucap syukur memuji Allah dan Rasul, menyapa jama’ah yang hadir, membaca doa menyebutkan contoh nyata, menghubungkan dengan peristiwa yang di peringati dan langsung menyebutkan topik. Sedangkan untuk teknik penutupan adalah menyampaiakan kesimpulan, mendorong khalayak untuk bertindak. Penelitian ini membahas teknik pembukaan dan penutupan sedangkan untuk teknik persiapan hanyalah sebagai pelengkap. Keterbatasan penelitian ini hanya membahas tentang teknik persiapan, pembukaan, dan penutupan. Peneliti belum mengkaji tentang teknik penyampaian nya. Untuk itu peneliti merekomendasikan kepada pembaca atau peneliti lainya agar pengembangan penelitian serta menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Anggi Meilenianggimei05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Uncontrolled Keywords: Teknik; Cermah; Dai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Anggi Meileni
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:18
Last Modified: 12 Feb 2019 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item