Partisipasi Masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Dalam Mengantisipasi Kecanduan Game Online Pada Anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruchana, Siti (2019) Partisipasi Masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Dalam Mengantisipasi Kecanduan Game Online Pada Anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ruchana_I03215015.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apakah bentuk partisipasi masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dalam mengantisipasi kecanduan game online pada anak? (2) Apakah dampak penggunaan game online pada anak dalam bersosialisasi di masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo?. Tujuan peneliti adalah: Untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dalam mengantisipasi kecanduan game online pada anak. Untuk mengetahui dampak penggunaan game online pada anak dalam bersosialisasi di masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif, Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai bentuk partisipasi masyarakat Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dalam mengantisipasi kecanduan game online pada anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teori fungsional struktural Talcott Parsons dan teori solidaritas sosial Emile Durkheim. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa: (1) Keluarga memberikan nasehat kepada anak tentang bahaya negatif game online, mengikutkan anak dalam kegiatan les, mengaji dan berorganisasi. Di sekolah seorang guru menghindarkan murid dari game online dengan cara memberikan alat peraga edukatif sebagai sarana permainan anak dan memberikan tugas rumah. Organisasi Karang Taruna mengadakan kegiatan lomba 17 Agustus untuk memperkenalkan permainan tradisional anak dan melakukan penyaringan anggota Karang Taruna untuk meningkatkan sosialisasi anak di masyarakat. Organisasi IPNU mengadakan kajian tentang cara penanggulangan kecanduan game online pada anak, mengadakan program minat bakat yang berisi kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi anak. RT dan Pemerintah Desa melakukan tindakan persuasif melalui kegiatan sosialisasi kepada orang tua berkaitan cara mengantisipasi kecanduan game online pada anak. (2) Dampak penggunaan game online pada anak dalam bersosialisasi di masyarakat seperti, kurangnya komunikasi dengan orang di sekitarnya, timbul persaingan antar teman dalam memenangkan permainan, mengabaikan tugas-tugas, dan meniru perilaku atau karakter tokoh dalam permainan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruchana, Sitisiti.ruchana11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komputer
Sosiologi
Keywords: Partisipasi Masyarakat; Mengantisipasi Kecanduan Game Online dan Anak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ruchana Siti
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:35
Last Modified: 12 Feb 2019 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29657

Actions (login required)

View Item View Item