Etika Komunikasi Mahasiswa Aktivis Kampus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosanti, Dwi (2019) Etika Komunikasi Mahasiswa Aktivis Kampus di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rosanti_B76215041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam berkomunikasi, terdapat etika yang dipahami. Sebagai seorang mahasiswa yang menimba ilmu di kampus tentunya memiliki etika komunikasi tersendiri dengan siapa saja yang ditemui di kampus misalnya teman sesama mahasiswa aktivis, teman mahasiswa di kelas, dosen ataupun staff karyawan yang ada di kampus. Di dalam kehidupan mahasiswa yang memiliki rasa ingin tahu yang besar membuat mereka mengajukan diri untuk masuk ke dalam UKM-UKM yang ada di Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sehingga mempengaruhi etika komunikasi mereka sebagai mahasiswa aktivis dengan lainnya di lingkup kampus. Fokus masalah dibatasi hanya meneliti bagaimana etika komunikasi mahasiswa aktivis UKM dengan teman mahasiswa bukan aktivis dan dosen, sehingga memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana etika komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kemudian mengumpulkan data dengan cara wawancara secara mendalam, studi pustaka, pengamatan secara langsung dan terlibat, dan hasil dokumentasi. Maka diperoleh hasil dari penelitian tersebut adalah (1) Etika komunikasi mahasiswa aktivis UKM dengan teman mahasiswa yang bukan aktivis mencakup ke dalam beberapa bagian seperti teman yang sebaya, senior dan junior. Terdapat perbedaan dalam penggunaan bahasa yang digunakan dalam komunikasi di kehidupan sehari-hari. Etika komunikasi termasuk juga ke dalam penggunaan bahasa yang baik, penampilan fisik yang menyenangkan dan kesopanan dalam bersikap. (2) Etika komunikasi mahasiswa aktivis UKM dengan dosen sebagaimana dalam penerapannya terdapat perbedaan dan ditemukan bahwa ada mahasiswa aktivis yang sopan, cuek bahkan acuh terhadap dosen. Perbedaan sikap ini membuat hubungan dengan dosen bisa dikatakan tetap harmonis atau tidak. Mahasiswa aktivis sering menggunakan bahasa jawa krama dalam komunikasi di kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa aktivis sudah cukup menerapkan etika komunikasi yang sesuai dengan standar etika komunikasi yang baik sehingga dapat disebutkan bahwa mereka adalah mahasiswa aktivis yang beretika baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosanti, Dwidwirosanti12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi; Mahasiswa Aktivis; UKM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rosanti Dwi
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:56
Last Modified: 11 Feb 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item