المجاز في قصة قصيرة "إعترف القاتل" لتوفيق الحكيم ; دراسة تحليلية بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nurul (2019) المجاز في قصة قصيرة "إعترف القاتل" لتوفيق الحكيم ; دراسة تحليلية بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul AiniI_A01215036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Taufiq Al-Hakim adalah seorang sastrawan hebat dari Mesir. Nama Taufiq Al-Hakim terkenal dengan karya-karya yang luar biasa diantaranya mengandung hikmah serta filsafat. Seperti salah satu karya Taufiq Al-Hakim adalah cerpen“I’tarif Al-qatil. Cerpen “I’tarif Al-qatil” merupakan salah satu judul dalam kumpulan cerita pendek didalam novel “Arinillah”. Dalam cerpen “I’tarif Al-qatil” karya Taufiq Al-Hakim, terdapat susunan kalimat yang diungkapkan dengan gaya bahasa sastra yang indah, yang memuat kata-kata majaz. Kemudian peneliti tertarik untuk mengkaji keindahan didalam cerpen tersebut terutama pada majaznya saja. Maka salah satu alat untuk memahami keindahan salah satunya adalah dengan ilmu balaghah. Balaghah merupakan suatu disiplin ilmu yang berlandaskan kepada kejernihan jiwa dan ketelitian menangkap keindahan-keindahan dan kejelasan perbedaan yang samar di antara macam-macam ungkapan. Ilmu balaghah dibagi menjadi 3 yaitu ilmu badi’, ilmu ma’ani dan ilmu bayan. Dalam pembahasan ini peneliti membahas ilmu bayan. Ilmu bayan dibagi menjadi 3 bagian yaitu tasybih, majaz, kinayah. Namun dalam pembahasannya peneliti hanya membatasi pada ruang lingkup majaznya saja. Dimana majaz dibagi menjadi tiga yaitu majaz mursal, majaz aqli dan majaz isti’arah, sedangkan isti’arah sendiri dibagi menjadi tiga yaitu isti’arah makniyah, isti’arah tashrihiyah dan isti’arah tamtsiliyah. Alasan peneliti tertarik untuk meneliti majaz dalam cerpen “I’tarif Al-qatil, dikarenakan Taufiq Al-Hakim terkenal dengan karya-karya yang luar biasa diantaranya mengandung hikmah, filsafat dan susunan kalimat yang diungkapkan dengan gaya bahasa sastra yang indah. Serta karya-karyanya banyak mengandung khayal atau imajinasi. Selain itu majaz merupakan salah satu kajian tentang gaya bahasa yang tinggi nilai keindahannya. Dengan majaz bisa memberikan penjelasan yang lebih hidup. Memudahkan dan memberikan daya bayang yang digambarkan lebih luas sehingga menimbulkan kesan imajinatif bagi pembaca atau pun pendengar. Adapun rumusan masalah yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apa saja kata-kata yang mengandung majaz dan bentuk-bentuk majaz didalam cerpen“I’tarif Al-qatil” karya Taufiq Al-Hakim. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dimana peneliti mendeskripsikan majaznya dalam cerpen tersebut. Dalam penelitian ini penulis menemukan 39 data yang di dalamnya terdapat kata-kata yang mengandung bentuk-bentuk majaz pada cerpen “I’tarif Al-qatil” karya Taufiq Al-Hakim. Antara lain yaitu majaz mursal sebanyak 7 data, majaz aqli sebanyak 11 data, majaz isti’arah makniyah sebanyak 9 data, majaz isti’arah tashrihiyah sebanyak 9 data dan isti’arah tamtsiliyah sebanyak 3 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurulaini.ghilmani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Sastra
Uncontrolled Keywords: Majaz; Balaghah; cerpen “I’tarif Al-qatil” .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aini Nurul
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:59
Last Modified: 12 Feb 2019 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item View Item