Komunikasi perempuan di pondok pesantren salaf Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naqqiyah, Maulidatus Syahrotin (2019) Komunikasi perempuan di pondok pesantren salaf Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidatus Syahrotin Naqqiyah_B76215053.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak di kaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana Proses komunikasi perempuan di pondok pesantren Al-Anwar (2) Bagaimana peran komunikasi perempuan yang ada di pesantren Al-Anwar Sarang. Perempuan merupakan bagian dari fenomena komunitas pondok pesantren. Dalam kehidupan di kesehariannya, mereka tidak terlepas dengan berbagai macam proses dan peran komunikasi yang di lalui. Dalam kesehariannya perempuan di dalam pondok pesantren salaf tergolong sebagai mahluk yang lingkup kerjanya hanya di sektor domestik semata. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif etnografis, yang berguna untuk memaparkan dan mengkaji data mengenai proses dan peran komunikasi perempuan dalam pesantren, dan bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam dan berupaya mempelajari peristiwa komunikasi yang terjadi. Sehingga menghasilkan data-data yang di peroleh dari wawancara mendalam yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa (1) Proses komunikasi perempuan yang terjadi di pondok pesantren Al-Anwar merupakan proses komunikasi langsung yang berupa komunikasi tatap muka, dan komunikasi persuasif. Dalam pondok pesantren Al-Anwar juga terjadi proses komunikasi dua arah dan juga proses komunikasi dua tahap.(2) peran perempuan yang ada di lingkungan pesantren merupakan peran dengan ruang lingkup sektor domestik yaitu sebagai ibu rumah tangga, sebagai guru, dan sebagai anak yang layaknya harus mematuhi berbagai aturan dari orangtuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naqqiyah, Maulidatus Syahrotinmaulinaqqy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Komunikasi
Pesantren
Uncontrolled Keywords: Proses; Peran; Komunikasi; Perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Naqqiyah Maulidatus Syahrotin
Date Deposited: 12 Feb 2019 05:00
Last Modified: 12 Feb 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item