Peningkatan keterampilan Senam Lantai Roll Forward melalui metode bermain mata pelajaran Penjasorkes Kelas III-C di MINU Wedoro Sidoarjo

Sholekhah, Atika Dewi Zaini (2019) Peningkatan keterampilan Senam Lantai Roll Forward melalui metode bermain mata pelajaran Penjasorkes Kelas III-C di MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Dewi Zaini Sholekhah_D07215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneletian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan roll forward yang dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran senam lantai melalui metode bermain mata pelajaran penjasorkes di kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 34 peserta didik hanya 5 peserta didik yang mampu memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yakni 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab peserta didik kesulitan untuk berguling kedepan dikarenakan peserta didik peserta didik masih kurang terlatih dalam melakukan gerak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode bermain untuk meningkatkan keterampilan senam lantai roll forward dalam pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo?, (2) Apakah melalui metode bermain dapat meningkatkan kemampuan senam lantai roll forward dalam pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan model dari Kurt Lewin. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo yang terdiri dari 34 peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, non tes (tes unjuk kerja), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diperoleh sebagai berikut: (1) penerapan metode bermain pada siswa kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 44.8 sedangkan siklus II menjadi 88.04. Hasil skor observasi peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 47.8 sedangkan siklus II menjadi 87.8. (2) Peningkatan keterampilan gerak roll forward melalui metode bermain pada siklus I yaitu 76 menjadi 84.43 pada siklus II serta prosentase ketuntasan meningkat dari siklus I sebesar 56% menjadi 76.47% pada siklus II.

Email: adew.zaini@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadlir, Nadlir
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keterampilan; Roll Forward; Metode Bermain
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholekhah Atika Dewi Zaini
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:58
Last Modified: 11 Feb 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29619

Actions (login required)

View Item View Item