Peningkatan hasil belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Mufidatus (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidatus Sholikhah_D97215067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi Lingkungan Alam dan Buatan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil belajar yang cukup rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Lingkungan Alam dan Buatan, diambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo? Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan cara wawacara terbuka dengan guru mata pelajaran IPS kelas III dan siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah tes tulis yaitu menggunakan butir-butir soal tes. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 85,4 (baik) sedangkan siklus II menjadi 89,6 (sangat baik). Hasil skor observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I 82,6 (baik) sedangkan siklus II menjadi 88,2 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Lingkungan Alam dan Buatan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 79,2 menjadi 85,7 pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus sebesar 67,5% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 83,7% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Mufidatusmufidatusfida@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Lingkungan Hidup
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholikhah Mufidatus
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:47
Last Modified: 11 Feb 2019 01:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29615

Actions (login required)

View Item View Item