Perilaku komunikasi gay di Yayasan Gaya Nusantara kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdiana, Novilya (2019) Perilaku komunikasi gay di Yayasan Gaya Nusantara kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novilya Firdiana_B76215060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lingkungan sangat berpengaruh dalam proses perkembangan pribadi seseorang baik melalui sosial maupun kultural. Homoseksual ialah salah satu bentuk perilaku yang dianggap menyimpang dari peran gender yang dikonstruksikan. Gay dianggap suatu yang keluar dari heteronormativitas.Berdirinya Yayasan Gaya Nusantara di Kota Surabaya yang menjadi pelopor yayasan yang menaungi kelompok LGBTIQ (Lesbian, Gay, Biseksual, Interseks, Queer) di Indonesia. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana perilaku komunikasi gay yang tergabung di Yayasan Gaya Nusantara dengan laki-laki di komunitasnya dan laki laki heteroseksual.Penelitianinimenggunakan metode deskriptif kualitatif. Lalu pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan carainteraktiv model. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan uji coba kredibilitas dengan caraTriangulasi data.Teori yang digunakanadalah teori Dramaturgi dari Erving Goffman.Data temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Gay dapat bebas mengekspresikan dirinya, menunjukkan identitas dirinya sebagai homoseksual, dan mengakui orientasi seksualnya ketika gay berada di komunitas gay. Pasangan gay juga dalam menjalani hubungan yang orientasi seksualnya sesama jenis (homoseks) tidak jauh berbeda dengan hubungan pasangan yang orientasi seksualnya kepada lawan jenis, (2)Gay dapat bebas berekspresi, bebas mengenalkan siapa dirinya, lebih terbuka, lebih apa adanya, dan mampu mengungkapkan secara terang-terangan orientasi seksual mereka ketika mereka berada di kelompok gay dan di keadaan yang menurut mereka nyaman untuk membuka diri, (3) Gay berperan sebagai aktor yang memainkan peran ganda. Di lingkungan sekitar, seorang gay berusaha tampil dan berperilaku layaknya laki-laki heteroseksual pada umumnya yang orientasi seksualnya pada perempuan. Dan ketika di komunitas gay, seorang gay menunjukkan orientasi seksualnya yang sebenarnya yakni ketertarikan pada sesama laki-laki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdiana, Novilyanovilyaf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Perilaku
Keywords: Perilaku Komunikasi; Gay
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Firdiana Novilya
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:52
Last Modified: 11 Feb 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item View Item