أزمنة فعل المضارع في سورة الإسراء (دراسة صرفية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithroh, Ainyyatul (2019) أزمنة فعل المضارع في سورة الإسراء (دراسة صرفية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainyyatul Fithroh_A91215096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmu sharaf adalah salah satu ilmu bahasa yang ada di dalam al-Qur’an. Ruang lingkup pembahasan ilmu sharaf mengenai pembentukan kalimat serta perubahannya yang mengakibatkan perubahan maknanya. Kata dalam bahasa arab terbagi menjadi tiga yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja) dan huruf (kata sambung). Kata kerja atau fi’iladalah salah satu bagian kata yang membentuk suatu kalimat ( الجملة).Dalam penelitian ini penulis akan membahas tentang fi’il dan lebih fokus pada fi’il mudhori’ dilihat dari segi zamannya. Fi’il mudhori’ merupakan kata kerja yang menunjukkan arti pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan. Sedangkan zaman fi’il mudhori’ adalah sedang dilakukan (الحال) dan yang akan dilakukan (المستقبل).Dalam penelitian ini penulis menjadikan al-Qur’an surat al-Isra’ sebagai objek penelitian. Surat al-Isra’ merupakan surat al-Qur’an yang ke-17, terdiri dari 111 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah. Al-Isra’ berarti memperjalankan di malam hari berhubungan dengan peristiwa isra’nya Nabi Muhammad saw, dinamakan pula dengan surat Bani Israel. Pada surat ini memberikan peringatan kepada umat Islam bahwa akan mengalami keruntuhan apabila mereka meninggalkan ajaran-ajaran agamanya.Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini : (1) Bagaimana bentuk fi’il mudhori’ dalam surat al-Isra’ (2) Apa saja zaman fi’il mudhori’ dalam surat al-Isra’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif yaitu mengumpulkan data dan mengelompokkan data yang sudah terkumpul kemudian menganalisis dan mendeskripsikan data-data tersebut berdasarkan pada teori yang terkait dengan penelitian ini.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam surat al-Isra’ terdapat 131 data fi’il mudhori’ yang terbagi menjadi zaman mustaqbal dan khal. Fi’il mudhori’ zaman mustaqbal berjumlah 65 data dan fi’il mudhori’ zaman khal berjumlah 66 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithroh, Ainyyatulainiyyaf31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Fi'il Mudhori'; Surat al Isra'; Shorof
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fithroh Ainyyatul
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:06
Last Modified: 14 Feb 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29601

Actions (login required)

View Item View Item