STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ADMINISTRASI PEMERINTAHAN (SOP-AP) DI LEMBAGA PEMERINTAH: STUDI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Zumrotul (2014) STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ADMINISTRASI PEMERINTAHAN (SOP-AP) DI LEMBAGA PEMERINTAH: STUDI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Standar operasional prosedur administrasi pemerintahan adalah pedoman tertulis mengenai berbagai proses penyelenggara administrasi pemerintahan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur adalah lembaga pemerintah yang sedang dalam penataan kelembagaan dengan cara menerapkan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan pada setiap proses kegiatannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: pertama, bagaimana langkah penyusunan SOP-AP di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. kedua, bagaimana pelaksanaan SOP-AP di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menganalisa data kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penyusunan SOP-AP di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yaitu pertama: melakukan persiapan awal dengan membentuk tim dan sosialisasi, kedua: melakukan analisis kebutuhan SOP-AP dengan mengidentifikasi pekerjaan dan pemegang jabatan serta mengidentifikasi SOP-AP berdasarkan tugas pokok dan fungsi, ketiga: pengembangan SOP-AP yang meliputi penyusunan SOP-AP, pengesahan SOP-AP, review dan evaluasi SOP-AP, kemudian pendokumentasian SOP-AP, keempat: penerapan SOP-AP yaitu dengan melakukan sosialisasi akan pelaksanaan SOP-AP serta memberi pelatihan pemahaman SOP-AP kepada seluruh pegawai terlebih dahulu. Adapun dalam hal pelaksanaan SOP-AP di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur adalah belum maksimal. Hal ini dikarenakan ada beberapa pegawai yang tidak melaksanakan kegiatannya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan serta tidak adanya pengawasan dalam pelaksanaan SOP-AP yang membuat pelaksanaan SOP-AP tidak dapat diukur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imas Maesaroh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, ZumrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP-AP)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:40
Last Modified: 05 Feb 2015 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item