Strategi pengembangan Sumber Daya Manusia pengurus Pondok Pesantren Sunan Drajat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Muflihun (2019) Strategi pengembangan Sumber Daya Manusia pengurus Pondok Pesantren Sunan Drajat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Muflihun Najah_B94215033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: strategi pengembangan sumber daya manusia pengurus pondok pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan, Dan faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan sumber daya manusia pengurus pondok pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengolahan data menggunakan triangulasi data dengan tujuan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Selanjutnya, data dianalisis dimulai dengan memilah-milah data, menyajikan datasecara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pondok pesantren Sunan Drajat memiliki sumber daya manusia yang berkompeten. Sumber daya manusia merupakan penunjang untuk kemajuan pondok pesantren. Untuk menunjang kemajuan pondok pesantren perlu dilakukan strategi utnuk mengembangkan sumber daya manusia. Strategi yang dilakuakan dalam pengembangan sumber daya manusia pengurus Pondok Pesantren Sunan Drajat melalui beberapa metode dan langkah-langkah. Metode-metode tersebut pengembangan SDM yang efektif dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pondok Pesantren, sedangkan langkah-langkah bertujuan untuk merealisasikan semua kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Metode tersebut terdiri dari understudy, rotasi jabatan, dan coaching. Sedangkan langkah-langkah pengembangan SDM meliputi penentuan kebutuhan, penentuan sasaran, penentuan program, identifikasi prinsip-prinsip belajar, pelaksanaan program, dan penilaian pelaksanaan program. Adapun Faktor penghambat pengembangan SDM meliputi; rendahnya skill (kemampuan) sumber daya manusia, rendahnya mentalitas sumber daya manusia, dan Seringnya terjadi perubahan aturan kepengurusan dalam organisasi, dan Faktor pendukung pengembangan SDM meliputi; keikhlasan, kesabaran, dan tanggung jawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Muflihunmuflihunnajah1212@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najah Muflihun
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:49
Last Modified: 11 Feb 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item View Item