Strategi Fundraising di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutsfiah, Siti (2019) Strategi Fundraising di Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Lutsfiah_B04215024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah strategi fundraising serta faktor pendukung dan penghambatnya di lembaga amil zakat nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi fundraising serta faktor pendukung dan penghambatnya di lembaga amil zakat nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, analisis data dilakukan dengan cara data reduction, data display, dan conclusions drawing. Penelitian ini menemukan, bahwa strategi fundraising yang dilakukan oleh Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya adalah dengan melakukan identifikasi calon donatur, penggunaan metode fundraising, pengelolaan dan penjagaan donatur, monitoring dan evaluasi, dan adanya perencanaan strategis penghimpunan sebagai bagian dari strategi fundraising. Perencanaan strategis penghimpunan YDSF Surabaya, meliputi adanya program perawatan donatur, penguatan program pendayagunaan, program layanan dan operasional, dan perencanaan program strategis. Identifikasi calon donatur dilakukan dengan segmentasi donatur, memperoleh data, melakukan seleksi data donatur yang berpotensi, memprospek donatur, dan menganalisis kebutuhan donatur. Metode fundraising yang digunakan adalah direct dan indirect fundraising. Pengelolaan dan penjagaan donatur dilakukan dengan cara mengadakan kunjungan terhadap donatur, mengirimkan informasi up to date tentang program atau kegiatan lembaga, kemudahan berkomunikasi, dan adanya berbagai bentuk layanan donatur. Monitoring dan evaluasi lembaga dengan melihat faktor pendukung dan penghambat, pengukuran kinerja, dan pengambilan langkah korektif. Perkembangan strategi menyesuaikan dengan dinamika perkembangan. Strategi fundraising di YDSF Surabaya tidak terlepas dari beberapa faktor pendukung yang membuatnya lancar dan beberapa faktor penghambat yang menyebabkan sedikit terkendala. Adapun faktor pendukung fundraising di YDSF Surabaya adalah program pendayagunaan yang bagus, adanya legalitas lembaga, kemampuan menyalurkan program, manfaat bagi mustahik, dukungan dari masyarakat dan pemerintah, dan adanya tim yang solid sebagai bagian dari faktor pendukung. Adapun faktor penghambat fundraising di YDSF Surabaya adalah keterbatasan jumlah SDM dalam kompetensi, kurangnya pemahaman donatur, kepercayaan masyarakat, budaya membagikan secara langsung, dan adanya database donatur tidak dapat terkoneksi dengan baik sebagai bagian dari faktor penghambat fundraising.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutsfiah, Sitisitilutsfiah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising; Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lutsfiah Siti
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:08
Last Modified: 11 Feb 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29587

Actions (login required)

View Item View Item