الأفعال المزيدة وفوائدها فى كتاب وصايا الآباء للأبناء لمحمد شاكر

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Kristianti Vlavia (2019) الأفعال المزيدة وفوائدها فى كتاب وصايا الآباء للأبناء لمحمد شاكر. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kristianti Vlavia Pertiwi_A91215107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ merupakan karya Muhammad Syakir yang berisi tentang nasihat-nasihat seorang Ayah terhadap anak-anaknya dalam berakhlak yang baik. Penelitian ini membahas tentang Ilmu shorof, yaitu salah satu cabang ilmu tata bahasa Arab yang membahas permasalahan bentuk kata dalam bahasa arab, baik tentang perubahan bentuk, penambahan huruf, susunan huruf yang membentuk kata. Ilmu shorof membahas tentang huruf-huruf Illah, idgham, ibdal dan susunan huruf yang membentuk suatu kata. Dalam skripsi ini, penulis mengkaji tentang fi’il-fi’il maziid yang merupakan bagian dari ilmu sorof. Fi’il-fi’il mazid yaitu fi’il atau kata kerja yang terdapat tambahan huruf selain huruf aslinya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaan kata di dalam kalimat. Dalam hal ini penulis meneliti tentang fi’il-fi’il mazid yang terdapat dalam kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ untuk mengetahui fungsi penggunaan fi’il-fi’il mazid dalam kitab tersebut. Pada penelitian ini,ada dua permasalahan yang akan dibahas oleh peneliti yaitu: 1. Apa saja macam dan wazan f’i’il- fi’il tsulasty mazid pada kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir ? 2. Apa saja faidah dari fi’il-fi’il tsulatsy mazid pada kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini). Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan membaca dan mencari data-data yang ada pada kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ yang mengandung fiil mazid serta menjelaskan faidah dari huruf tambahan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kitab Washaya al Aba’ lil Abna’ karya Muhammad Syakir juga buku-buku bahasa Arab yang memiliki hubungan dengan judul ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kitab Washaya al Aba’ li al-Abna’ karya Muhammad Syakir terdapat 113 kalimat dari 103 jumlah yang mengandung fi’il mazid dengan beberapa bentuk tambahan, wazan dan faedah. dari segi tambahannya ada tiga macam yaitu tambahan 1 huruf (40 kata), 2 huruf (69 kata) dan 3 huruf (15). Sedangkan, dari segi faedahnya terdiri dari 13 faidah.
.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Kristianti Vlaviavlaviatiwi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Pertiwi Kristianti Vlavia
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:26
Last Modified: 12 Feb 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29584

Actions (login required)

View Item View Item