التشبيه و أغراضه في رواية ليل وقضبان لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Nur Faizza (2019) التشبيه و أغراضه في رواية ليل وقضبان لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Faizza Kumalasari_A91215124.pdf

Download (2MB)

Abstract

التشبيه و أغراضه في رواية "ليل و قضبان" لنجيب الكيلاني)

Menurut bahasa at tasybih berarti at tamtsil artinya penyerupaan atau perumpamaan. Menurut istilah adalah menyerupakan sesuatu dengan yang lain pada sifat (karena kesamaan sifat) dengan menggunakan adat at tasybih (alat tasybih) baik tersurat maupun tersirat. Dan najib al kailani adalah penyair terkenal di arab yang lahir pada tahun 1931. Dalam novel beliau terdapat kajian tasybih yang memiliki keindahan lafadz, sehingga pembahasan dalam skripsi ini mengenai kajian Tasybih tentang novel “Lail wa Qudhban” karya Najib Kailani. Masalah yang dikemukakan dalam pembahasan ini meliputi dua hal, yaitu : Apa macam – macam Tasybih dalam novel “Lail wa Qudhban” karya Najib Kailani ? Apa tujuan Tasybih dalam novel “Lail wa Qudhban” karya Najib Kailani? Tujuan pembahasan dalam membahas skripsi ini adalah untuk mengetahui tasybih dalam novel “Lail wa Qudhban” karya najib kailani. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif yang mana pembahasan menganalisis data yang terkait dengan kajian pustaka sehingga dapat menganalisis dan sekaligus dapat mendeskriptifkan data-data yang telah dikelompokkan, dengan menggunakan teori – teori dalam ilmu Balaghoh yang berkaitan dengan pembahasan ini.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini, sebagai berikut : Pembahas menemukan beberapa macam tasybih dalam novel Lail wa Qudhban, yaitu tasybih mursal, tasybih mujmal, tasybih mufasil, tasybih baligh, tasybih muakad, tasybih maqbul, tasybih tamsyil, tasybih gairu tasmsyil. Pembahasan menemukan beberapa maksud dan tujuan tasybih dalam novel Lail wa Qudhban Najib Kailani, yaitu untuk menjelasakan keadaan musyabbah, untuk menegaskan keadaan musyabbah, untuk menjelekkan keadaan musyabah, untuk menguraikan secara gamblang keadaan musyabbah. Dengan adanya tasybih dalam novel Najib Kailani, khususnya dalam novel Lail wa Qudhban. Maka dapat ditemukan keindahan yang terungkap dari susunan lafadz novel tersebut, sehingga para pembaca lebih semangat untuk terus mendalami novel tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Nur FaizzaFaifafa23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Puisi
Uncontrolled Keywords: Tasybih dan Tujuannya dalam Novel “Lail wa Qudhban” karya Najib Kailani; Lail wa Qudhban; Najib Kailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kumalasari Nur Faizza
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:50
Last Modified: 11 Feb 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29563

Actions (login required)

View Item View Item