Peningkatan keterampilan menggunting melalui metode demonstrasi pada anak usia 4-5 Tahun di Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Candi Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanim, Nur Hamidah (2019) Peningkatan keterampilan menggunting melalui metode demonstrasi pada anak usia 4-5 Tahun di Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hamidah Hanim_D98214058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menggunting anak usia 4-5 tahun Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Candi Sidoarjo. Dari 17 anak hanya 7 anak yang mampu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya Berkembang Sesuai Harapan. Minimnya metode dan media yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar membuat anak merasa bosan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan metode demonstrasi.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan menggunting anak usia 4-5 tahun di KB/TK Aisyiyah 2 Candi? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menggunting anak usia 4-5 tahun di KB/TK Aisyiyah 2 Candi dengan menggunakan metode demonstrasi?.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, penilaian non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan menggunting anak usia 4-5 tahun di KB/TK Aisyiyah 2 Candi dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai aktivitas guru meningkat dari 72,5 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Aktivitas anak pun meningkat dari 71,87 pada siklus I menjadi 84,37 pada siklus II. 2) Ada peningkatan hasil keterampilan menggunting pada anak usia 4-5 tahun di KB/TK Aisyiyah 2 Candi. Hal tersebut terbukti dari hasil prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH pada siklus I yakni 64,70% dengan nilai rata-rata 62,5, kemudian pada siklus II hasil keterampilan menggunting meningkat dengan prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH adalah 82,3% dengan nilai rata-rata 80,8. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil belajar anak telah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanim, Nur Hamidahhaniimabbass@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menggunting, Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Hanim Nur Hamidah
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:11
Last Modified: 12 Feb 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29561

Actions (login required)

View Item View Item