الجناس والسجع في كتاب "متن سفينة النجاة" لسالم بن سمير الحضرمي: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofia, Fiqny Nailas (2019) الجناس والسجع في كتاب "متن سفينة النجاة" لسالم بن سمير الحضرمي: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqny Nailas Shofia_A01215013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap bahasa memiliki unsur keindahan tertentu di dalamnya. Salah satu unsur keindahan dalam bahasa Arab dapat di pelajari dalam ilmu Badi’ yang menjadi bagian dari ilmu Balaghah. Ilmu Badi’ adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan suatu kalimat baik dari segi makna ataupun lafadznya. Sedangkan objek kajian ilmu Badi’ adalah upaya untuk memperindah bahasa dari susunan lafadz (Muhassinat Lafdhiyyah) maupun makna (Muhassinat Ma’nawiyyah). Maka, keindahan bahasa Arab tidak dapat dirasakan tanpa memahami keduanya yaitu muhassinat lafdhiyyah dan muhassinat ma’nawiyyah. Berdasarkan keterangan di atas, pada penelitian ini peneliti menggunakan salah satu dari objek kajian ilmu Badi’ dengan melihat segi keindahan lafadh suatu kalimat sebagai suatu pendekatan. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti Muhassinat Lafdhiyyah yang terdapat dalam kitab matan safiinah al-najaah. Kitab matan safiinah al-najaah adalah kitab fiqih yang memuat tujuh puluh delapan pasal dengan bermadzhab imam Syafi’i, kitab ini di susun oleh Syaikh Salim bin Sumair Al Hadhramiy dan wafat pada tahun 1271 H. Oleh karena, peneliti mengkhususkan permasalahan yang dikemukakan pada pembahasan ini adalah (i) apa macam-macam jinas dalam kitab matan safiinah al-najaah, (ii) apa macam-macam saja’ dalam kitab matan safiinah al-najaah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu Balaghah, disebut kualitatif karena dalam pengumpulan data dan penafsirannya peneliti tidak menggunakan rumus-rumus statistik. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, yang mana data dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh kata atau kalimat yang terdapat dalam kitab matan safiinah al-najaah yang merupakan jinas dan saja’. Adapun beberapa hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, adalah (i) macam-macam jinas dalam kitab matan safiinah al-najaah meliputi jinas ghairu tam mudhari’ dan jinas ghairu tam naaqis (ii) macam-macam saja’ dalam kitab matan safiinah al-najaah meliputi saja’ muttharaf, saja’ mutawazi, dan saja’ murrasha’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofia, Fiqny Nailasfiqnynaila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Al Jinaas dan Al Saja’; Kitab Matan Safiinah al Najaah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Shofia Fiqny Nailas
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:46
Last Modified: 11 Feb 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29555

Actions (login required)

View Item View Item