Pembentukan karakter siswa melalui program wajib belajar madrasah diniyah di SMP NEGERI 1 WONOREJO PASURUAN ; studi implementasi kebijakan peraturan bupati kabupaten Pasuruan nomor 21 tahun 2016 tentang wajib belajar pendidikan madrasah diniyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alviansyah, Muhammad Ilham (2019) Pembentukan karakter siswa melalui program wajib belajar madrasah diniyah di SMP NEGERI 1 WONOREJO PASURUAN ; studi implementasi kebijakan peraturan bupati kabupaten Pasuruan nomor 21 tahun 2016 tentang wajib belajar pendidikan madrasah diniyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Alviansah_D93214079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa melalui program wajib madrasah diniyah , implementasi kebijakan program wajib madrasah diniyah yang membentuk karakter siswa, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan program wajib madrasah diniyah dalam membentuk karakter siswa di SMP Negeri 1 Wonorejo Penelitian ini merupakan penelitian dengan Jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMPN 1 Wonorejo, wakil kepala sekolah, dan guru SMP Negeri 1 Wonorejo sebagai informan kunci. Objek penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan program wajib madrasah diniyah dalam membentuk karakter siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa : (1) Program wajib madrasah diniyah yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Pasuruan di SMP Negeri 1 Wonorejo memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa, dengan tujuan membentuk karakter peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Madrasah diniyah mencegah agar peserta didik tidak gampang terpengaruh oleh pergaulan bebas dan pengaruh buruk dari lingkungan masyarakat yang diluar sekolah, sehingga siswa memiliki pemahaman tentang agama dan memiliki karakter yang lebih baik dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. (2) Implementasi kebijakan tentang Program Wajib Belajar Madrasah Diniyah sudah sesuai dengan ketentuan berdasarkan proses penelitian kualitatif yang penulis lakukan. Dengan adanya wujud konkrit dari sekolah dengan mensosialisasikan program wajib madrasah diniyah kepada seluruh stakeholder yang ada di sekolah, dan koordinasi dengan lembaga pendidikan madrasah diniyah terkait program wajib belajar madrasah diniyah. Dengan tujuan meningkatkan layanan pendidikan bagi masyarakat dapat mengenyam pendidikan Dasar sekaligus pendidikan keagamaan (Madrasah Diniyah) dan peserta didik mempunyai kecerdasan intelektual, emosional yang diimbangi dengan spiritual melalui pendidikan agama yang kuat. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan program wajib belajar madrasah diniyah yaitu, komunikasi, resource, disposisi dan struktur birokrasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alviansyah, Muhammad Ilhamilhammuhammad005@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: pembentukan karakter siswa; program wajib madrasah diniyah; implementasi kebijakan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Alviansyah Muhammad Ilham
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:14
Last Modified: 12 Feb 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item