Humor dalam retorika dakwah KH. Ilhamullah Sumarkan di pesantren mahasiswa An-Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Alviyatun (2019) Humor dalam retorika dakwah KH. Ilhamullah Sumarkan di pesantren mahasiswa An-Nur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alviyatun Nadhiroh_B91215047.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan yang diteliti yaitu tentang bagaimana humor dalam retorika dakwah yang disampaikan oleh KH. Sumarkan di Pesantren Mahasiswa An-Nur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mereduksi data yaitu memilah beberapa data yang akan bisa menjawab pertanyaan penelitian. Selajutnya mendeskripsikan secara lengkap data tersebut dan mengklasifikasikan data yang bisa menjawab persoalan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teori perbandingan tetap yaitu membandingkan data hasil temuan dengan teori yang sedang berlaku. Dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi langsung dan ikut terlibat dalam pengajian, sehingga peneliti menemukan humor yang sering digunakan KH. Sumarkan. Adapun dalam penelitian ini fokus pada dua penggunaan wujud humor yaitu: Akronim dan anekdot. Dalam setiap wujud humor memiliki daya tarik masing-masing untuk membuat mad’u mudah menerima pesan yang disampaikan KH. Sumarkan. Penelitian ini hanya membahas tentang humor dalam retorika dakwah KH. Sumarkan. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan menganalisis sisi yang lain dari seorang KH. Sumarkan untuk penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, Alviyatunalpialvi0@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Pesantren
Al Qur'an
Retorika
Humor
Uncontrolled Keywords: Humor; Retorika Dakwah; KH. Sumarkan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadhiroh Alviyatun
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:44
Last Modified: 11 Feb 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29551

Actions (login required)

View Item View Item