Pesan moral dalam iklan Bukalapak edisi "Bu Linda" di Youtube: analisis Semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najam, Humda (2019) Pesan moral dalam iklan Bukalapak edisi "Bu Linda" di Youtube: analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humda Najam_B06215019.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis dan mengangkat pesan moral yang terdapat pada iklan Bukalapak edisi Bu Linda yang ditayangkan di Youtube. Mengangkat tentang kisah kehidupan anak kos perantauan yang tinggal di rumah kos Bu Linda. Banyak pesan-pesan moral yang disampaikan pengiklan di dalam cerita. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode analisis tek media dengn pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce. Yang menganalisis secara tiga tahap yaitu tanda, acuan tanda, dan penggunaan tanda. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa banyak pesan moral yang disampaikan melalui iklan Bukalapak edisi Bu Linda yaitu Pesan moral disiplin yang ditampilkan melalui obyek tokoh Bu Linda dan diperkuat dengan kalimat-kalimat ajakan terhadap suatu nilai moral disiplin, pesan moral kepedulian Sosial yang ditunjukkan melalui sikap dan obyek tokoh dan perilaku tokoh Bu Linda yang mencerminkan sikap-sikap peduli terhadap individu yang lain kemudian ditangkap melalui, dan pesan moral toleransi disampaikan dengan pemaknaan dari hasil VO yang ditampilkan pada obyek dan terlihat jelas pada kalimat “keluarga tidak harus karena pertalian darah tapi juga pertalian hati”. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan kajian yang menekankan pada aspek komunikasi yang lain, seperti komunikasi respon audience, strategi pemasaran dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najam, Humdahumdanajam12.hn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Dakwah
Ilmu Komunikasi
Media Massa
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral; Iklan; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Najam Humda
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:31
Last Modified: 12 Feb 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29547

Actions (login required)

View Item View Item