Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner Di Paud Inklusi Melati Trisula Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Saidah (2019) Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner Di Paud Inklusi Melati Trisula Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saidah Fatimah_B93215084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Penerapan Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner di Paud Melati Trisula Sidoarjo? (2) Bagaimana Hasil Penerapan Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner di Paud Melati Trisula Sidoarjo? Untuk membahas permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Komparatif yang mana pada metode ini dilakukan dengan cara membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik yang ada di dalam bimbingan dan konseling antara lain adalah Teknik Modeling sebagai media untuk mendidik anak supaya dapat melakukan ibadah sholat dengan baik dan benar. Analisis data menggunakan kualitatif komparatif yang mana melakukan perbandingan secara menyeluruh melalui observasi dan wawancara pada orang-orang disekitar konseli. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner di Paud Melati Trisula Sidoarjo. Terdapat lima proses konseling yang telah dilakukan yakni identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi atau treatment untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang, guna mengurangi kadar emosi anak Slow Learner untuk semangat belajar, dimana konselor memberikan pengajaran kebiasaan baik dan juga penjelasan dan manfaat sholat bagi anak Slow Learner dengan teknik modeling untuk mempermudah anak Slow Learner untuk mempelajari sholat dengan baik dan benar dan juga pemberihan arahan serta motivasi kepada anak Slow Learner untuk dapat menguasai kebiasaan baik yang diajarkan, bacaan sholat, wudhu, gerakan sholat dan gerakan wudhu semaksimal mungkin untuk melihat bagaimana seberapa jauh perubahannya. (2) Hasil dari Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Anak Yang Mengalami Slow Learner di Paud Melati Trisula Sidoarjo, bisa dikatakan cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan konseli sendiri, konseli perlahan dapat mengontrol emosinya dan mau belajar tanpa marah-marah sehingga dalam proses belajar sudah ada sedikit kemajuan sudah mau melakukan kebiasaan baru yang diajarkan, sudah mampu memnghafal beberapa hafalan sholat, gerakan sholat dengan baik dan juga gerakan wudhu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Saidahsaidahfatimah24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang; Slow Learner
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fatimah Saidah
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:34
Last Modified: 12 Feb 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29540

Actions (login required)

View Item View Item